Kompas TV regional berita daerah

Jelang Musim Penghujan, Harga Bawang dan Cabai Merah Melonjak Naik

Kompas.tv - 13 Oktober 2020, 16:52 WIB
Penulis : KompasTV Surabaya

Malang, KompasTV Jawa Timur - Memasuki musim penghujan membuat harga kebutuhan pangan seperti bawang dan cabai merah melonjak. Kenaikan harga ini karena pasokan yang didapat oleh pedagang berkurang.

Seperti di Pasar Besar kota Malang, kenaikan harga kebutuhan pangan ini terjadi sejak sepekan terakhir. Mulai datangnya musim penghujan disebut pedagang menjadi alasan kenaikan harga ini. Kenaikan yang cukup signifikan terjadi pada bawang merah dan cabai merah besar.

Jika sebelumnya harga cabai merah besar 20 ribu kini melonjak menjadi 38 ribu rupiah per kilogram. Sedangkang bawang merah, pada minggu lalu masih 20 ribu kini naik menjadi 36 ribu rupiah per kilogram.

“Ini yang mulai naik, cabai merah besar dan bawang merah. Sejak seminggu lalu. Cabai merah dari harga 20 ribu sekarang 38 ribu, bawang merah dari 20 ribu sekarang 36 ribu. Ini karena pasokan berkurang, kendalanya hujan mas, stok juga berkurang.” Cerita Agus Salam, salah satu pedagang di pasar Besar yang merasakan stoknya kian menipis karena pasokan dari petani berkurang.

Untuk mendapatkan pasokan, pedagang masih mengandalkan daerah luar Malang seperti Probolinggo hingga Lumajang.

Selain itu, memasuki musim penghujan seperti saat ini juga membuat stok kebutuhan pangan yang didapat oleh  pedagang berkurang hingga 50 persen.

 

#Malang #Jatim #Pasar #Harga #Naik #Penghujan #Stok #Langka

MEDIA SOSIAL KOMPAS TV JAWA TIMUR :

facebook : https://www.facebook.com/kompastvjatim

instagram : https://www.instagram.com/kompastvjatim

twitter : https://twitter.com/kompastvjatim             



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x