Kompas TV internasional kompas dunia

Pakar Virus Corona Minta Iklan Kampanye Trump Dihapus

Kompas.tv - 13 Oktober 2020, 04:58 WIB
pakar-virus-corona-minta-iklan-kampanye-trump-dihapus
Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular AS, Anthony Fauci, ketika memberikan keterangan pers mengenai perkembangan kebijakan pemerintah soal virus corona dengan Presiden Donald Trump berdiri di sampingnya pada 13 April 2020. (Sumber: Reuters)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON , KOMPAS.TV - Ahli penyakit menular terkemuka Amerika Serikat (AS) Anthony Fauci, mengatakan bahwa tim kampanye Presiden Donald Trump harus menarik iklan yang mengacu pada pernyataan yang dibuatnya. Fauci mengatakan, penyataannya dalam iklan kampanye Trump sudah digunakan di luar konteks.

Dalam sebuah wawancara di CNN pada Senin (12/10/2020), presenter menanyakan apakah iklan tersebut harus dihapus? Fauci berkata, "Saya kira begitu." Fauci mengatakan iklan kampanye itu sangat disayangkan dan sangat mengecewakan.

Baca Juga: Trump Dituduh Menyesatkan Ucapan Fauci, Tim Suksesnya Bereaksi

Iklan yang dimaksud Fauci dirilis pada minggu lalu dan membahas upaya Trump untuk pulih dari COVID-19. Dalam iklan juga disebutkan tentang pekerjaan yang dilakukan rezim Trump untuk mengatasi pandemi virus corona. Iklan berdurasi 30 detik itu menggunakan komentar Fauci, yang dibuat seolah-olah Fauci memuji presiden.

Pernyataan Fauci didapatkan dari wawancara pada Maret lalu, dimana dia menjabat sebagai direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular (NIAID) sejak 1984. Dalam wawancara, Fauci membahas tentang upaya yang lebih luas untuk memerangi virus corona baru, termasuk oleh satuan tugas Gedung Putih.

Baca Juga: Inggris Terapkan Aturan Pembatasan Baru, Liverpool Jadi Kota Dengan Risiko Tertinggi

Fauci mengatakan, dia tidak pernah secara terbuka mendukung salah satu kandidat politik untuk jabatan apapun.

Fauci malah terkadang secara diplomatis mengkritik presiden, termasuk saat Trump mengumpulkan ribuan orang dalam suatu kampanye bulan Juni lalu di Tulsa.

Covid-19 telah menginfeksi hampir 7,7 juta orang di Amerika Serikat dan membunuh lebih dari 214.000 orang. Jajak pendapat menunjukkan sebagian besar pemilih tidak setuju dengan penanganan krisis oleh presiden.

Juru bicara kampanye Trump, Tim Murtaugh, membela penayangan iklan itu, Minggu (11/10/2020). Ia mengatakan kata-kata dari Fauci  yang digunakan dalam iklan kampanye Trump adalah akurat, dan langsung berasal dari mulut Dr. Fauci.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x