Kompas TV regional berita daerah

Jurus Jitu Mencegah Orang dengan Komorbid Terinfeksi Covid-19

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 17:42 WIB
jurus-jitu-mencegah-orang-dengan-komorbid-terinfeksi-covid-19
Ilustrasi Covid-19 (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Bukan rahasia lagi jika orang dengan komorbid atau penyakit penyerta rentan terinfeksi Covid-19. Dokter spesialis penyakit dalam RSA UGM, RM Agit Sena Setiadi, membagikan sejumlah jurus jitu yang bisa diterapkan orang dengan komorbid untuk menangkal penularan Covid-19.

“Orang dengan komorbid lebih berisiko terkena Covid-19 karena sistem pertahanan tubuhnya lebih rendah ketimbang orang yang tidak memiliki komorbid,” ujarnya, Senin (12/10/2020).

Baca Juga: Reaksi Sultan HB X Saat Melihat Alat Deteksi Covid-19 GeNose Buatan UGM

Ia menyebutkan beberapa contoh komorbid, antara lain diabetes mellitus (DM), hipertensi, penyakit jantung, penyakit saluran pernapasan kronis, kanker, serangan jantung atau stroke, ginjal, penyakit terkait geriatri, penyakit terkait autoimun, dan penyakit kronis lainnya. Kondisi itu semakin rentan tertular Covid-19.

“Selain lebih rentan, orang dengan komorbid apabila tertular Covid-19, maka kondisinya akan menjadi lebih berat,” ucapnya.

Ia menuturkan pengelolaan dan pencegahan Covid-19 pada orang dengan komorbid perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kesakitan dan kematian. Menurut Agit, orang dengan komorbid bisa lebih rutin memeriksakan kondisi tubuh ke dokter.

Baca Juga: Jadi Korban Kericuhan Aksi Jogja Memanggil, Begini Pengakuan Mahasiswa UGM

Selain itu, mengendalikan komorbid supaya mencegah munculnya komplikasi.

“Mengatur pola hidup sehat dan pola akan sesuai kondisi komorbid,” tuturnya.

Tidak kalah penting, orang dengan komorbid harus lebih ketat dan disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga kebersihan, mencuci tangan, dan sebagainya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x