Kompas TV olahraga kompas sport

Rafael Nadal Juara French Open 2020

Kompas.tv - 12 Oktober 2020, 04:17 WIB
rafael-nadal-juara-french-open-2020
Petenis asal Spanyol Rafael Nadal memenangkan French Open 2020 setelah mengalahkan unggulan pertama Novak Djokovic, Minggu (11/10/2020) (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

PARIS, KOMPAS.TV - Rafael Nadal berhasil mengangkat tropi dan menjuarai French Open 2020, setelah berhasil unggul atas lawannya di partai final, Novak Djokovic. Djokovic yang dijagokan sebagai unggulan pertama, berhasil dikalahkan Nadal dengan skor 6-0, 6-2, dan 7-5.

Nadal tampil dominan pada dua set awal. Namun Djokovic sempat bangkit pada set ketiga. Kemudian pada akhirnya Djokovic tetap harus mengakui keunggulan Nadal dalam pertandingan yang berlangsung di Court Philippe-Chartier, Stade Roland Garros, Paris pada Minggu (11/10/2020).

Dengan kemenangan ini, Nadal semakin mengukuhkan diri sebagai “Raja Lapangan Tanah Liat”. Nadal mencatatkan kemenangannya yang ke-100 di Roland Garros sekaligus merebut gelar French Open yang ke-13.

Sebelumnya, Nadal hanya gagal menjuarai trofi French Open pada tahun 2009 dan 2015. Sedangkan pada 2016, Nadal absen dalam turnamen ini karena cedera pergelangan tangan.

"Kemenangan di sini sangat berarti bagi saya," kata Nadal seusai pertandingan, seperti dilansir dari ATP. Berkat kemenangan ini, Nadal resmi menyabet gelar Grand Slam ke-20 dan menyamai rekor milik rival abadinya, Roger Federer.

"Ini bukan waktunya untuk memikirkan tentang gelar Grand Slam ke-20 yang menyamai raihan Roger (Federer)," tutur Nadal. "Bagi saya, ini tentang kemenangan di Roland Garros yang sangat berarti," ujarnya. "Banyak momen penting dalam karier saya terjadi di sini. Saya mencintai kota dan lapangan ini," ucap Nadal.

"Dia terus melaju. Sepertinya tidak ada yang bisa menahannya. Luar biasa. Saya mengagumi semua prestasinya, terutama yang diraih di sini," kata Djokovic memuji permainan Nadal seusai pertandingan, seperti dilansir dari the Associated Press.

“Tidak banyak yang bisa saya katakan," kata Djokovic. "Semua superlatif yang bisa digunakan, pantas disematkan untuk Nadal,” tambahnya lagi.

Ini adalah keempat kalinya Nadal memenangkan turnamen favoritnya tanpa menyerahkan satu set pun pada lawan.

Petenis kidal berusia 34 tahun dari Spanyol ini telah memenangkan turnamen French Open selama empat kali berturut-turut dari 2005 hingga 2008. Kemudian dia kembali memenangkannya lima kali berturut-turut dari 2015-2014. Torehan prestasi ini kembali diukurnya empat kali berturut-turut pada 2017 hingga 2020.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x