Kompas TV nasional peristiwa

Demonstrasi Dikhawatirkan Akan Munculkan Klaster Baru Covid-19

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 09:29 WIB
demonstrasi-dikhawatirkan-akan-munculkan-klaster-baru-covid-19
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. (Sumber: Dok BNPB)
Penulis : Tussie Ayu

JAKARTA, KOMPAS.TV – Aksi unjuk rasa untuk memprotes UU Cipta Kerja yang berlangsung Kamis (8/9/2020), memicu kekhawatiran akan meledaknya kasus corona baru di Indonesia. Pasalnya, para demonstran berkumpul dalam kerumunan besar dan terlihat mengabaikan protokol kesehatan.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito mengingatkan, saat ini, Indonesia masih dalam kondisi pandemi. Untuk itu, keterlibatan masyarakat sangat dibutuhkan untuk menekan angka penularan virus corona.

"Mari kita ingat bahwa kita masih dalam kondisi pandemi, ada kedaruratan kesehatan masyarakat. Untuk itu kami ingatkan kembali kepada masyarakat untuk bahu-membahu menurunkan angka kasus Covid-19," kata Wiku, dalam tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (8/10/2020).

Baca Juga: Demonstrasi Tolak Omnibus Law di Malang Ricuh

Wiku mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Ketika berada di luar rumah, masyarakat hendaknya menghindari kerumunan.

Namun ia berharap tidak ada klaster yang timbul dari kerumunan massa aksi unjuk rasa ini.

"Sinergi seluruh elemen masyarakat adalah kunci utama penekanan kasus positif Covid-19 di daerah. Tanpa adanya sinergi ini maka kasus di daerah akan terus meningkat. Ingat, perang melawan Covid-19 adalah kerja bersama kita," kata Wiku.

Wiku juga mengingatkan, peningkatan kasus pernah kita alami setelah libur panjang beberapa waktu lalu.

"Jangan sampai hal ini terjadi lagi, karena jika ini terkena pada kelompok rentan dan usia lanjut, dampaknya bisa fatal. Kami ingatkan sekali lagi untuk betul-betul menjaga keselamatan dan kesehatan masyarakat," jelas Wiku dilansir dari Tribunnews.com.

Baca Juga: 141 Demonstran di Karawang Ditangkap Polisi, Ternyata 48 Orang Positif Narkoba



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x