Kompas TV internasional kompas dunia

Protokol Kesehatan Diterapkan Dengan Ketat Dalam Debat Cawapres AS

Kompas.tv - 8 Oktober 2020, 13:32 WIB
protokol-kesehatan-diterapkan-dengan-ketat-dalam-debat-cawapres-as
Wapres AS Mike Pence (kiri) dari Partai Republik dan penantangnya dari Partai Demokrat Kamala Harris (kanan) dalam debat cawapres, Rabu (7/10/2020) (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

SALT LAKE CITY, KOMPAS.TV - Ada tiga peserta dalam debat calon wakil presiden Amerika Serikat (AS), yaitu Mike Pence dari Partai Republik, Kamala Harris dari Demokrat, dan kaca bening di antara mereka.

Namun kaca bening yang bertujuan sebagai partisi ini, tentu tidak banyak disebut dalam debat yang berlangsung di Salt Lake City, Rabu (8/10/2020). Bahkan penonton di rumah kemungkinan tidak dapat melihatnya. Tetapi ketika kamera menyorot Pence atau Harris dari samping, refleksi para kandidat terlihat jelas terpantul dari kaca itu.

Baca Juga: Debat Cawapres AS: Pence Serang Harris Soal Vaksin Covid-19

Kaca pembatas ini tidak kita lihat dalam debat calon presiden yang digelar pada minggu lalu. Namun Tim Harris meminta adanya kaca partisi di saat-saat terakhir menjelang debat, setelah Trump dinyatakan positif Covid-19. Kaca pembatas diharapkan dapat menjadi pengaman untuk mencegah virus corona menyebar.

Sementara Tim Pence bersikeras bahwa kaca itu sebenarnya secara medis tidak diperlukan. Menurut mereka, pemberian jarak yang cukup jauh antara Pence dan Harris sebenarnya sudah cukup memenuhi syarat protokol kesehatan. Pence dan Harris memang ditempatkan di meja yang berjarak lebih dari 3,7 meter.

Baca Juga: Lalat Besar Hinggap di Kepala Mike Pence Saat Debat Cawapres AS

Faktanya, sepanjang debat Pence dan Harris mengarahkan komentar mereka lebih banyak kepada moderator Susan Page. Sedangkan moderator malah tidak dilindungi oleh kaca.

Sedangkan protokol kesehatan lain yang diterapkan dalam debat ini adalah jumlah penonton yang dibatasi. Terdapat 20 kursi yang disediakan untuk para tamu. Di antara tiap kursi diberi jarak sekitar 1,8 meter.

Baca Juga: Trump Positif Covid-19, Debat Cawapres AS Jalan Terus Dengan Protokol Ketat

Ruang debat ini mengambil tempat di sebuah pusat seni pertunjukan di kampus Universitas Utah. Di balkon auditorium, terdapat 60 mahasiswa yang memenangkan undian untuk menonton langsung debat cawapres. Para mahasiswa diberi masker. Sedangkan para donatur dan tamu lain duduk di kursi teater. Setidaknya ada dua kursi kosong di antara para tamu.

Ada staf yang mengukur suhu tubuh para tamu saat akan masuk ke aula. Kemudian petugas meminta orang-orang untuk membersihkan tangan mereka. Para tamu diingatkan untuk memakai masker sebelum acara dimulai, dan mereka diminta untuk tetap mengenakan masker selama acara berlangsung. Bagi para tamu yang enggan memakai masker, akan diminta keluar oleh penegak hukum.

Baca Juga: Debat Cawapres AS: Harris Tuding Penanganan Corona Rezim Trump Sebagai Kegagalan Terbesar

Namun setelah debat selesai, istri Mike Pence, Karen Pence, melepas masker yang ia kenakan untuk berfoto bersama suaminya di atas panggung. Sedangkan Doug Emhoff, suami Harris, tetap memakai masker meskipun saat berfoto bersama istrinya di atas panggung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x