Kompas TV video cerita indonesia

Rekor MURI Grand Piano Pertama Buatan Indonesia

Kompas.tv - 6 Oktober 2020, 13:23 WIB
Penulis : Aryo bimo

MOJOKERTO, KOMPAS.TV - Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan rekor piano Sjuman-Renanda SR1928 sebagai Grand Piano pertama buatan Indonesia. 

Pencatatan rekor MURI ini digelar di pelataran candi Gapura Bajang Ratu. Acara dimeriahkan dengan konser Rapsodia Nusantara, untuk lebih mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia.

Penghargaan rekor MURI diberikan kepada PT Saniharto Enggalhardjo, selaku produsen Grand Piano Sjuman-Renanda SR1928. 

Rekor MURI diberikan karena Grand Piano Sjuman-Renanda SR1928 adalah grand piano pertama karya anak bangsa yang keseluruhan proses produksi dan bahan bakunya berasal dari Indonesia.

Penyerahan sertifikat MURI disaksikan langsung secara virtual, oleh CEO MURI Jaya Suprana.

Ide pembuatan grand piano berawal dari keprihatinan belum adanya produk serupa yang dibuat dalam negeri. 

Pembuatan grand piano memakan waktu sekitar 2 tahun. Mulai dari riset, pemilihan bahan, hingga uji coba yang dilakukan oleh sejumlah pianis dunia. 

Ciri khas grand piano Sjuman-Renanda SR 1928 adalah menggunakan bahan baku kayu asli Indonesia. Serat kayu terlihat dominan di beberapa bagian.

Rencananya, grand piano Sjuman-Renanda SR1928 akan dipakai untuk konser musik keliling di sejumlah situs peninggalan kerajaan nusantara.

Konser musik dengan tajuk Rapsodia Nusantara tidak dibuka untuk umum. Masyarakat bisa menonton konser secara virtual, melalui akun Youtube: Budaya Saya, milik Direktorat Jendral Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x