Kompas TV nasional update corona

Positif Covid-19, 32 Santri Jalani Isolasi di Rusunawa

Kamis, 1 Oktober 2020 | 16:52 WIB

KOMPAS.TV - Setelah terkonfirmasi positif Covid-19, sebanyak 32 santri dijemput oleh tim satuan tugas penanganan Covid-19 Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (30/09/2020) siang.

Para santri ini dibawa ke Rusunawa Universitas Negeri Siliwangi di Tamansari untuk diisolasi.

Klaster pesantren ini menjadi penambahan kasus terbanyak sehingga membuat Pemkot Tasikmalaya memberlakukan status darurat Covid-19.

Bukan hanya para santri, pasien tanpa gejala lainnya juga sudah di pindahkan ke Rusunawa ini karena semakin sedikitnya ketersediaan ruang isolasi di rumah sakit rujukan Covid-19.

Dinas Kesehatan Tasikmalaya sebelumnya mengizinkan pasien tanpa gejala melakukan isolasi mandiri.

Namun kesadaran menerapkan protokol kesehatan yang masih rendah justru timbul klaster keluarga.

Bukan hanya di Tasikmalaya, klaster pesantren juga terjadi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Sebanyak 37 orang santri dan tenaga pengajar dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah melakukan tes swab massal.

Pihak pesantren pun langsung menutup pondok dan menghentikan segala aktivitasnya serta mendisinfeksi gedung.

Kebijakan ini untuk meminimalisasi risiko penyebaran Covid-19.

Menurut rencana, penutupan akan dilakukan hingga 14 hari ke depan.

37 kasus positif ini merupakan penambahan setleah tes swab pada pekan ini.

Jadi total ada 83 santri dan pengajar yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Pondok Pesantren Husnul Khotimah.

Hingga kini Pemkab Kuningan dan pihak pondok pesantren terus berkoordinasi untuk melakukan tes swab berikutnya sebagai langkah pelacakan lanjutan klaster pesantren.

Ditargetkan sebanyak 400 orang menjalani tes swab di Kabupaten Kuningan setiap hari.

Penulis : Reny Mardika


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:17
HINGGA 16 JANUARI 2021, RS POLRI MENERIMA 162 KANTONG BERISI BAGIAN TUBUH KORBAN PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182   MENKES: VAKSINASI TAK HANYA LINDUNGI INDIVIDU, MELAINKAN MENCIPTAKAN KEKEBALAN POPULASI ATAU “HERD IMMUNITY”   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TELAH TERBITKAN ATURAN STANDARISASI MASKER BERBAHAN KAIN   JAWA TENGAH MENDAPAT PENGHARGAAN DARI OJK SEBAGAI PROVINSI TERBAIK PENGGERAK KEUANGAN INKLUSIF NASIONAL   HARGA EMAS BATANGAN PT ANTAM HARI INI TURUN RP 8.000 PER GRAM MENJADI RP 948.000   MENTERI ERICK THOHIR MEMINTA DIREKSI BUMN BELAJAR NILAI KEPEDULIAN DARI MILENIAL   HINGGA 16 JANUARI 2021, TIM SAR MASIH MELAKUKAN PENCARIAN 15 KORBAN YANG TERTIMBUN LONGSOR DI SUMEDANG, JABAR   KOMISI VIII DPR AKAN MENGUTAMAKAN PERAN MITIGASI ATAU PENCEGAHAN UNTUK MENGURANGI DAMPAK BENCANA ALAM   WAKIL KETUA KOMISI VIII DPR ACE HASAN AKAN MELAKUKAN PENDAMPINGAN TERKAIT PERSOALAN KEBENCANAAN DI INDONESIA   DINSOS DKI: SEBANYAK 5.563 KELUARGA DI KEPULAUAN SERIBU AKAN MENERIMA BANTUAN SOSIAL TUNAI COVID-19   HARI INI, PANGLIMA TNI MARSEKAL HADI TJAHJANTO MENINJAU LANGSUNG LOKASI BANJIR DI KALIMANTAN SELATAN   TNI AU MENYALURKAN BANTUAN BERUPA 34 PERAHU KARET UNTUK PENANGANAN BANJIR DI BALANGAN, KALIMANTAN SELATAN   BNPB: SEBANYAK 3.571 UNIT RUMAH TERENDAM BANJIR DI KABUPATEN BALANGAN, KALIMANTAN SELATAN   BNPB MENYERAHKAN DANA BANTUAN KEBUTUHAN POKOK BAGI KORBAN GEMPA DI MAMUJU DAN MAJENE SEBESAR RP 4 MILIAR