Kompas TV nasional berita kompas tv

Menkes Kurangi Fasilitas ICU RS Wisma Atlet, dari 39 Menjadi 5

Sabtu, 26 September 2020 | 16:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Kesehatan mengurangi fasilitas ICU di RS Darurat Corona Wisma Atlet. Fasilitas ICU akan dialihkan ke rumah sakit rujukan corona lain di Jakarta.

RS Darurat Wisma Atlet sudah merawat lebih dari 2.400 pasien corona dengan gejala ringan dan sedang yang kapan saja butuh fasilitas ICU.

Perintah dari Menteri Kesehatan, fasilitas ICU di RS Wisma Atlet dibongkar dan dipindahkan ke rumah sakit rujukan. Dari 39 alat ICU disisakan hanya lima.

Sementara itu hingga 25 September 2020 total pasien corona dengan gejala ringan dan sedang di RS Wisma Atlet berjumlah 2.407 orang.

Dengan kata lain, kini hanya ada lima ICU yang disiapkan untuk lebih dari 2.400 pasien.

Perlu penjelasan lebih apakah menambah ICU versi Menkes adalah dengan memindahkannya dari jantung perawatan corona di RS Wisma Atlet yang juga membutuhkan?

Perlu diingat, Indonesia telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 75 triliun khusus untuk anggaran kesehatan penanganan corona atau Covid-19.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia. Subscribe juga channel YouTube Kompas TV dan aktifkan lonceng supaya kamu dapat notifikasi video terbaru langsung.

Editor : Christandi Dimas



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:41
HARI INI, KEMENKES PERIKSA 40.572 SPESIMEN COVID-19   MENDIKBUD MENCATAT 15.000 MAHASISWA MENJADI SUKARELAWAN MITIGASI COVID-19   POLISI KEMBALI PANGGIL PEGAWAI KEJAKSAAN AGUNG YANG MENJADI TERSANGKA KASUS KEBAKARAN   SATGAS PENANGANAN COVID-19 SEBUT 3.545 PASIEN COVID-19 SEMBUH DALAM 24 JAM TERAKHIR   SATGAS PENANGANAN COVID-19 MENCATAT ADA 4.029 KASUS BARU HARI INI   PRESIDEN JOKOWI BERTERIMA KASIH KEPADA PUTRA MAHKOTA ABU DHABI MOHAMED BIN ZAYED KARENA NAMANYA DIJADIKAN NAMA JALAN   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH JELASKAN URGENSI PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   KETUA MPR BAMBANG SOESATYO MINTA PEMERINTAH LIBATKAN PEGIAT LINGKUNGAN DALAM PEMBANGUNAN PARIWISATA DI PULAU RINCA   WALI KOTA SOLO FX RUDYATMO BERHARAP TAK ADA PHK KARYAWAN SETELAH PEMERINTAH PUSAT TIDAK NAIKKAN UPAH MINIMUM   WAPRES MA'RUF AMIN MENILAI PILKADA TETAP DIGELAR UNTUK PENUHI HAK KONSTITUSI RAKYAT   KETUA DPR PUAN MAHARANI BERHARAP GENERASI MUDA BISA MENJADI PILAR KEBANGKITAN MENGHADAPI PANDEMI COVID-19   JUBIR SATGAS PENANGANAN COVID-19 MINTA DESTINASI WISATA ANTISIPASI KLASTER LIBUR PANJANG   SATGAS PENANGANAN COVID-19 BERHARAP MAHASISWA IKUT MENYADARKAN MASYARAKAT SOAL ANCAMAN COVID-19   NAWAWI POMOLANGO: DENGAN PERPRES SUPERVISI, TAK ADA LAGI PENEGAK HUKUM YANG TIDAK BEKERJA SAMA DENGAN KPK