Kompas TV regional berita daerah

: Penjualan Sarana Upacara Hari Raya Kuningan Menurun

Kompas.tv - 25 September 2020, 14:06 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

Klungkung, KOMPASTV - Sejumlah Penjual Sarana Upacara Di Pasar Umum Galiran Klungkung Sangat Merasakan Kondisi Lesunya Ekonomi Masyarakat Ditengah Wabah Virus Corona Saat Ini. Penjualan Sarana Upacara Seperti Tamiang , Endongan Dan Sarana Daun-Daunan Yang Menjadi Sarana Utama Untuk Hari Raya Kuningan Sesuai Tradisi Bali Timur Tidak Seramai Pada Hari Raya Kuningan Sebelumnya .

Lesunya Penjualan Ini Diperkirakan Masyarakat Banyak Yang Membuat Sendiri Sarana-Sarana Upacara Tersebut Dengan Keterbatasan Anggaran Upacara Yang Dimiliki Untuk Merayakan Hari Raya Kuningan .

Pedagang Sarana Upacara Kuningan, Ketut Tulak Mengakui Sebelumnya Bisa Menjual Hingga 200 Paket Sarana Upacara Setiap Hari Jelang Kuningan, Saat Ini Paling Banyak Laku Cuma 50 Saja. Bahkan Harga Lebih Murah, Seperti Tamiang Yang Pada Hari Raya Sebelumnya Satu Ikatnya Bisa Dijual Rp 15 Ribu Saat Ini Dijual Rp 10 Ribu Tetap Sepi.

Sementara Untuk Mengantisipasi Lonjakan Masyarakat Ramai Datang Ke Pasar, Petugas Melakukan Pembatasan Orang Dan Tim Yustisi Masker Juga Menggelar Sidak Dan Memberikan Tindakan Tegas Kepada Masyarakat Yang Kedapatan Tidak Mengenakan Masker. Mulai Dari Teguran Hingga Penerapan Sanksi Denda Rp 100 Ribu Jika Sudah Melakukan Pelanggaran Masker Berkali-Kali.

#kuningan #hariraya #penjualanperangkatupacara #tradisi #budaya #agama #hindubali



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Jawa Tengah dan DIY

Harga Bawang Naik

26 April 2024, 10:13 WIB

Close Ads x