Kompas TV regional berita daerah

Petani Senang Panen Padi Saat Pandemi

Kompas.tv - 23 September 2020, 21:56 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV- Setelah beberapa kali gagal, petani padi di kampung Kapeta, Kabupaten Kepulauan Sitaro, akhirnya bisa panen. Petani mengaku senang di tengah pandemi bisa memperoleh penghasilan serta membantu warga dalam hal pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

Ditengah pandemi COVID-19, Lewi Sasela warga Kampung Kapeta di Kecamatan Siau Barat Selatan, justru sibuk dengan hasil panen padinya, setelah beberapa tahun terakhir hasil panen tidak menguntungkan.

Lewi yang membangun rumah kecil dekat sawah, bersama istri dan anak anak pun baru bisa menikmati hasil yang baik pada panen kedua di tahun 2020 ini.

Dengan modal mesin penggiling yang diterima bantuan sejak 2012 lalu, Lewi kini bisa memproduksi beras miliknya, apalagi ditengah pandemi COVID-19, permintaan justru meningkat, namun demikian tak semua beras dijual, sebagian besar beras di berikan kepada kerabat atau warga sekitar untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga.

Pada tahun ini pun Lewi sepakat bersama Pemerintah Daerah membentuk kelompok tani Labora, tujuannya sawah satu satunya di Sitaro ini bisa digarap menjadi lebih besar, selain itu tanaman lain seperti Holticultura juga bisa dimanfaatkan kelompok tani untuk mendongrak pertanian dengan tujuan peningkatan ekonomi warga.

Sedangkan, kunjungan Bupati Sitaro Evangelian Sasingen saat masa panen, menjadi besar harapan, bahwa pemerintah bisa membantu dalam hal pemenuhan alat tani, yakni alat yang lebih modern, serta mesin untuk penggilingan padi baru yang tentu lebih baik dari mesin sebelumnya.

Sementara itu, menurut Lewi saat ini lebih dari tiga ribu pohon tanaman Holticulutura sudah ditanam,  seperti cabe dan tomat dan akan siap di panen pada tahun ini.

#kompastvmanado #panenpadi #covid-19

Jufri Kasumbala Kompas tv Sitaro

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x