Kompas TV internasional kompas dunia

Trump Kepada Biden: Buat Apa Operasi Plastik, Kalau Ditutup Dengan Masker?

Kompas.tv - 23 September 2020, 14:44 WIB
trump-kepada-biden-buat-apa-operasi-plastik-kalau-ditutup-dengan-masker
Joe Biden (kiri) dan Donald Trump akan bertemu pada debat perdana capres AS minggu depan. Suasana jelang debat makin panas. (Sumber: AFP)
Penulis : Tussie Ayu

PITTSBURGH, KOMPAS.TV – Suasana politik Amerika Serikat (AS) semakin memanas, seminggu menjelang debat calon presiden pertama. Donald Trump mengejek lawannya, Joe Biden karena mengenakan masker di tengah pandemi corona. Ia bahkan menuduh mantan wakil presiden AS itu menjalani operasi plastik.

“Untuk apa dia menghabiskan uang untuk operasi plastik, jika dia akan menutupinya dengan masker?” Kata Trump dalam kampanye di dekat Pittsburgh, Pennsylvania, Selasa (22/9/2020), seperti dilansir dari Associated Press.

Ucapan bernada ejekan ini kemudian disambut dengan gelak tawa dan sorak sorai dari pendukungnya. Pendukungnya kemudian mengangkat poster yang bertuliskan “Make America Great Again” (buat Amerika berjaya lagi) dan “Four More Years” (empat tahun lagi).

Di depan pendukungnya, Trump juga melontarkan pertanyaan, “Apakah menurut anda, Biden akan memakai masker saat tampil di debat minggu depan?”

“Sekarang, saya pikir dia akan datang (ke debat) dengan masker. Saya tidak tahu, saya tidak tahu. Nah pertanyaannya adalah, apakah dia akan memakai masker selama debat? Karena ini agak sulit. Saya sangat menyukai masker ketika Anda membutuhkannya, tetapi ketika Anda berpidato dan Anda berada di atas panggung, Anda sendirian. Dan kemudian dia memiliki kebiasaan melepasnya dan itu tergantung di telinganya saat dia berbicara. Jika itu membuatnya merasa nyaman, jika dia pikir itu baik, tidak masalah bagi saya,” kata Trump.

Trump dan Biden akan memulai debat pertama mereka pada 29 September di Cleveland. Debat perdana akan dipandu oleh pembawa acara Fox News, Chris Wallace.

Sementara itu, Biden pun pernah melempar ucapan yang bernada ejekan kepada Trump yang mengarah pada kondisi fisik. Dalam wawancara baru-baru ini dengan Jake Tapper dari CNN, Tapper menyinggung tentang julukan "Slow Joe" (Joe yang lamban) yang disematkan Trump kepada Biden, terkait kondisi kesehatannya.

Menanggapi pertanyaan ini, Biden tertawa. Biden kemudian berjanji akan bersikap transparan akan kondisi kesehatannya.

"Untunglah saya saat ini dalam keadaan sehat," kata Biden kepada CNN, meskipun dia menyebut, apa pun masih mungkin terjadi di masa yang akan datang.

Tapi dia kemudian melemparkan sindiran kepada Trump. “Lihat saja kami. Siapa yang terlihat bugar? Yang sepertinya bisa (lebih gesit) bergerak," ucap Biden yang memang terlihat lebih ramping dibandingkan dengan Trump.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x