Kompas TV video cerita indonesia

Detik-Detik Kapal KRI Usman Harun Tangkap 2 Kapal Asing Berbendera Vietnam

Kompas.tv - 20 September 2020, 20:33 WIB
Penulis : Theo Reza

NATUNA, KOMPAS.TV - Kapal perang TNI Angkatan Laut, KRI Usman Harun-359 tangkap 2 kapal ikan asing berbendera Vietnam yang melakukan illegal fishing di wilayah perairan Indonesia, Sabtu (19/9/2020).

Penangkapan itu berawal saat KRI Usman Harun-359 (KRI USH-359) gelar patroli rutin di perairan laut Natuna Utara di bawah kendali operasi (BKO) Gugus Tempur Laut Koarmada I (Guspurla koarmada I).

Kedua kapal asing tersebut terdeteksi pada jam 12.55 dan sedang lakukan aktivitas tangkap ikan gunakan jaring.

Saat didekati, kedua kapal tersebut berusaha melarikan diri  dengan menambah kecepatan dan berpencar menjauh dari KRI Usman Harun-359.

Komandan KRI Usman Harun-359 Kolonel Laut (P) Binsar Alfret Syaiful Sitorus memerintahkan melaksanakan peran tempur.

"Dilanjutkan peran pemeriksaan dan penggeledahan. Selanjutnya memberikan isyarat agar KIA itu berhenti. Ini prosedur dan isyarat telah diberikan agar berhenti namun kedua KIA tidak mengindahkannya. Setelah berhasil dihentikan, KRI USH menurunkan Rubber Inflatable Boat (RIB) dan menurunkan tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) untuk melaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan," ujar Alfret, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Dari hasil pemeriksaan itu, Alfret menjelaskan, diperoleh informasi bahwa Kapal Asing Vietnam tersebut bernama BV5075TS dengan ABK 10 orang. Sedangkan Kapal asing kedua lainnya bernomor lambung BV92658TS dengan ABK 3 orang.

"Kedua KIA tersebut diduga melaksanakan penangkapan ikan di Perairan Landas Kontinen Indonesia tanpa memiliki izin," tutur Alfret.

Kedua Kapal Asing berbendera Vietnam tersebut telah dikawal menuju Lanal Ranai untuk dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut dan mempertanggungjawabkan kegiatannya yang melanggar hukum itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x