Kompas TV internasional kompas dunia

Tempat Terpanas, Terendah dan Terpencil Di Muka Bumi

Kompas.tv - 14 September 2020, 21:39 WIB
tempat-terpanas-terendah-dan-terpencil-di-muka-bumi
Dallol merupakan titik terendah bumi dengan mata air baru dan gundukan garam yang dibuat setiap hari dari aktivitas hidrotermal yang berlangsung secara terus menerus (Sumber: brilliant-ethiopia.com)
Penulis : Agung Pribadi

Ethiopia - Kompas TV - Tahukah anda, sebuah gurun bernama Danakil Depression konon adalah merupakan tempat terpanas di muka bumi ini.

Suhu rata-rata di tempat ini bisa mencapai 40 derajat celcius pada musim dingin, sedangkan pada musim panas suhunya mampu mencapai 60 derajat celcius.

Tak hanya itu, Danakil acapkali membuat dunia terpesona. Selain terpanas, Danakil Depression juga merupakan salah satu titik terendah di bumi. Ketinggian Danakil yaitu 127 meter di bawah permukaan laut, serta yang paling rendah bernama Dallol.

Dibagian tengahnya juga terdapat geyser yang penuh dengan asam dan endapan berwarna-warni yang berasal dari belerang, sulfur, mineral dan garam dalam batuannya.

Indah sekaligus menakutkan. Sebuah tempat bernama Dalol, bila anda berjalan diatasnya sebaiknya berhati-hati karena ada endapan garam yang tipis (Sumber: brilliant-ethiopia.com)

Bila malam datang, kita dapat menyaksikan kawah-kawah api dan kilau bebatuan sulfur yang sangat indah. Ada juga danau garam yang bisa kita pijak dan berjalan diatasnya, seolah berjalan di atas kaca.

Bila ingin mencapai tempat ini, kita harus menuju perbatasan utara Ethiopia terlebih dahulu. Disana terdapat kota Mekele yang merupakan kota terdekat sebelum sampai ke desa Afar, dimana selanjutnya kita dapat mengarungi Afar Triple Junction, yaitu hamparan gurun tak berpenghuni yang merupakan pertemuan retakan 3 lempeng tektonik yang memotong Ethiopia, Eritrea dan Djibouti.

Sayangnya para pengunjung yang ingin mengenal lebih dekat Danakil tak mudah bisa berkunjung ke sini. Selain terpencil, tempat ini juga sulit dijangkau karena adanya konflik antar etnis. Kelaparan, kemiskinan dan angka kriminalitas juga sangat tinggi dan cukup berbahaya bagi wisatawan.

Oleh sebab itu Danakil juga dikenal sebagai salah satu area terpencil bumi.

 



 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x