Kompas TV video cerita indonesia

PSBB Jakarta Berlaku Lagi, Berikut 7 Poin Rem Darurat Anies Baswedan

Kompas.tv - 10 September 2020, 16:03 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernrur DKI Jakarta kembali mengumumkan ibu kota akan segera memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang dimulai pada 14 September 2020.

Kebijakan ini diambil sebagai rem darurat dari Gubernur Anies Baswedan atas kondisi Covid-19 di DKI Jakarta. Menurut Anies, laju penyebaran Covid-19 di DKI Jakarta mengkhawatirkan.

Berikut 7 poin utama rem darurat yang akan diberlakukan Anies Baswedan:

PSBB Kembali Ketat Seperti Masa Awal

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, dengan rem darurat ditarik, PSBB akan seperti awal-awal penerapan. Jadi, beberapa kelonggaran saat PSBB masa transisi akan dihilangkan.

Bekerja Kembali dari Rumah

Anies memutuskan sejumlah kegiatan yang awalnya bisa dilakukan pada PSBB transisi akan dilarang mulai Senin, 14 September 2020. Salah satunya kegiatan perkantoran wajib dilaksanakan dari rumah.

Tempat Hiburan Ditutup Lagi

Gubernur Anies Baswedan memutuskan semua tempat hiburan di Ibu Kota akan ditutup lagi. Kebijakan itu sebagai bentuk pengetatan kembali PSBB di Jakarta.

Restoran-Kafe Boleh Buka, tapi Tak Boleh Makan di Tempat

Restoran hingga kafe hanya diizinkan menerima pesanan take away atau dibawa pulang. Anies menyebut tempat-tempat usaha makanan ini memungkinkan menjadi tempat pengantar penularan COVID-19.

Hanya 11 Kegiatan Perekonomian yang Diizinkan Beroperasi

Gubernur Anies Baswedan menyebut akan ada 11 kegiatan perkantoran esensial yang tetap diizinkan beroperasi.

Ke-11 bidang usaha itu adalah kesehatan, bahan pangan/makanan/minuman, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, serta logistik.

Kemudian ada perhotelan; konstruksi; industri strategis; pelayanan dasar, utilitas publik, dan industri yang ditetapkan sebagai objek vital nasional dan objek tertentu; serta pemenuhan kebutuhan sehari-hari.

Ganjil-Genap Ditiadakan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghapuskan kebijakan pembatasan kendaraan ganjil-genap selama PSBB ketat. Transportasi umum pun akan diatur.

Aturan Pembukaan Tempat Ibadah Selama PSBB

Gubernur Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI akan mengatur pembukaan rumah ibadah selama PSBB. Rumah ibadah raya tak diizinkan beroperasi karena berpotensi menjadi pusat penularan Corona.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x