Kompas TV nasional peristiwa

Wamenag: Jakob Oetama Legenda Pers Nasional yang Independen dan Merdeka

Kompas.tv - 10 September 2020, 08:31 WIB
wamenag-jakob-oetama-legenda-pers-nasional-yang-independen-dan-merdeka
Pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas (Sumber: Kompas Gramedia)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi mengenang wartawan senior yang juga pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama sebagai sosok legenda pers nasional.

Di mata Zainut, Jakob Oetama sangat berjasa dalam membesarkan pers Tanah Air. Oleh karena itu, Indonesia berduka atas berpulangnya Jakob Oetama Rabu (9/9/2020).

“Pak Jakob Oetama adalah sosok yang namanya sudah melegenda di dunia pers nasional, karena hidupnya didedikasikan sepenuhnya untuk dunia pers,” kata Zainut melalui keterangan resminya yang dikutip dari Kompas.com pada Kamis (10/9/2020).

Baca Juga: Situasi Persemayaman Jakob Oetama di Gedung Kompas Gramedia

Menurut Zainut, kekuatan cinta dan kesabaran Jakob Oetama telah berhasil membesarkan pers nasional di Tanah Air.

Sebagai wartawan, Zainut mengatakan, Jakob Oetama menjadi sumber referensi dan inspirasi bagi kalangan jurnalis yang lain, baik yang masih pemula maupun senior.

Jakob merupakan figur jurnalis profesional yang mumpuni dan memiliki komitmen keindonesiaan dan kemanusiaan yang kuat.

Jakob banyak mengajarkan nilai-nilai humanisme, demokrasi, dan keterbukaan. Keberpihakan pada kelompok kecil, rentan, dan tertindas menjadi menu literasi media yang terus dibangun dan dikembangkan Jakob.

Baca Juga: Sejumlah Tokoh Beri Penghormatan Terakhir pada Jakob Oetama

Jakob juga bersikap terbuka terhadap kritik dan pendapat, tetapi tetap kritis dan konstruktif. Hal itulah, kata Zainut, yang menjadi kekuatan Jakob dalam menjalankan fungsi kontrol pers kepada pemerintah.

"Beliau tetap independen dan tidak tersandera oleh kelompok aliran politik mana pun, dan tetap merdeka dalam menyampaikan kritik dan pendapat," ujarnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x