Kompas TV regional berita daerah

Rekor Dunia Makan Nasi Jagung Dengan Peserta Terbanyak

Kompas.tv - 9 September 2020, 18:45 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV – 16 ribu lebih warga di Kota Probolinggo Jawa Timur makan nasi jagung secara serentak, sehingga tercatat sebagai makan nasi jagung dengan peserta terbanyak di dunia. Rekor ini dibuat untuk  menumbuhkan kembali minat warga terhadap makanan khas daerah.

Kegiatan ini diawali dengan bagi-bagi nasi jagung bungkus kepada pengguna jalan oleh warga dan pegawai negeri sipil di Kota Probolinggo Jawa Timur. Mereka meminta pengguna jalan untuk segera memakan nasi jagung tersebut. Selanjutnya mereka sendiri makan nasi jagung secara serentak.

Baca Juga: Sego Kelor Makanan Khas Lumajang, Nasi dengan Campuran Sayur Merunggai

Aksi ini dilakukan untuk pemecahan rekor dunia makan nasi jagung dengan peserta terbanyak. Nasi jagung sendiri merupakan makanan khas warga pedesaan, terutama warga Kota Probolinggo.

Makan nasi jagung serentak dilakukan di seluruh penjuru kota, mulai warga sipil, PNS, TNI, Polri hingga santri. Karena masih pandemi covid-19, makan nasi jagung serentak dilakukan secara virtual.

Siapa sangka, makan nasi jagung serentak ini memecahkan rekor dunia dengan peserta terbanyak, yakni 16.852 orang. Jumlah ini jauh di atas rekor dunia sebelumnya, yakni 5 ribu orang peserta.

Baca Juga: Rekor Muri Sidang Isbat Nikah secara Daring dengan Peserta Terbanyak

Piagam penghargaan pun diberikan oleh lembaga Prestasi Indonesia Dunia atau LEPRID kepada Pemerintah Kota Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin mengatakan pemecahan rekor dunia ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali minat warga terhadap makanan khas warga lokal.

Sebelum makan nasi jagung serentak, para peserta menggelar apel Kebhinekaan dengan mengenakan pakaian adat khas pendalungan.

 

#RekorDunia #NasiJagung #KotaProbolinggo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x