Kompas TV regional berita daerah

Rekor Muri Sidang Isbat Nikah secara Daring dengan Peserta Terbanyak

Kompas.tv - 31 Agustus 2020, 16:25 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Seribu pasangan suami istri di Kabupaten Jember Jawa Timur mengikuti sidang isbat nikah massal secara daring pada Jumat (28/08). Acara yang digelar di 11 titik dengan menghadirkan 18 hakim pengadilan agama memecahkan museum rekor Indonesia dengan kategori pernikahan online terbanyak.

Sidang isbat nikah massal secara daring digelar oleh Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Acara ini diikuti 1000 pasang suami istri, yang selama ini melakukan pernikahan siri atau perkawinan di bawah tangan tanpa dilengkapi dokumen resmi.

Peserta sidang isbat nikah tersebar di 11 titik di kantor Kecamatan untuk menghindari kerumunan warga dalam satu tempat di massa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Terkendala Biaya, Puluhan Pasangan Ikuti Isbat Nikah di Grobogan

Satu persatu pasangan suami istri harus bergantian dengan penerapan protokol kesehatan. Ada 18 petugas hakim Pengadilan Agama Negeri Jember, yang bertugas memimpin sidang.

Bupati Jember, Faida mengatakan sidang isbat ini digelar sebagai bentuk pemenuhan hak asasi manusia dan juga mensukseskan program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dalam menuntaskan akta kelahiran, terutama anak-anak, yang dilahirkan dari perkawinan yang sah secara agama, namun belum tercatat secara hukum.

Peserta sidang isbat nikah mengaku senang dengan kegiatan ini, salah satunya adalah Mursyid. Ia mengaku bahagia, karena tidak ditarik biaya sepeserpun. Ia juga terbantu karena pernikahannya telah dinyatakan resmi secara hukum.

Baca Juga: Detik-detik Paramotor Pecahkan Rekor Muri

Manajer MURI, sri widayati mengatakan kegiatan ini dicatat dalam museum rekor indonesia dengan kategori pernikahan online dengan peserta terbanyak.

Dengan digelarnya sidang isbat secara daring ini, maka total pasangan suami istri, yang telah mengikuti sidang isbat Pemkab Jember mencapai 7.112 pasangan suami istri.

 

#SidangNikahIsbat #NikahSiri #RekorMuri #PemkabJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.