Kompas TV nasional peristiwa

Jenazah Jakob Oetama akan Disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia Palmerah

Kompas.tv - 9 September 2020, 15:31 WIB
jenazah-jakob-oetama-akan-disemayamkan-di-gedung-kompas-gramedia-palmerah
Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama, saat difoto di ruang kerjanya di Gedung Kompas Gramedia, Palmerah Selatan, Jakarta, Selasa (27/9/2016). Jakob Oetama meninggal dunia dalam usia 88 tahun, Rabu (9/9/2020). (Sumber: KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jakob Oetama, meninggal dunia pada usia 88 tahun, Rabu (9/9/2020). Salah satu pendiri Kompas Gramedia Group itu tutup usia di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Laporan reporter Kompas TV menyebut bahwa dari jenazah akan dibawa ke rumah duka terlebih dahulu untuk misa.

Baca Juga: Kritis Selama 2 Minggu, Ini Penyebab Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama Meninggal Dunia

Selanjutnya jenazah akan disemayamkan di lobi Gedung Kompas Gramedia, Jalan Palmerah Selatan, Jakarta Pusat, untuk penghormatan terakhir.

Keesokan harinya, Kamis (9/9/2020), jenazah Jakob Oetama akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Sementara hingga sore ini, pukul 15.27 WIB, jenazah Jakob Oetama masih berada di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading dalam pemulasaraan.

Baca Juga: Selamat Jalan Pak Jakob Oetama, Tokoh Pers Senior yang Warnai Jurnalisme Indonesia

Jakob Oetama. Jenazah Jakob Oetama akan Disemayamkan di Gedung Kompas Gramedia Palmerah. (Sumber: Youtube KompasTV)

Sempat Kritis

Sebelumnya meninggal, almarhum sempat mengalami koma atau kritis sejak Minggu (6/9/2020) sore.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Komunikasi Kompas Gramedia Rusdi Amral kepada Jurnalis KompasTV Frisca Clarissa di RS Mitra Keluarga.

"Bapak sudah mengalami koma atau kritis sejak Minggu (6/9/2020) sore. Rupanya Allah lebih senang memanggil beliau sehingga akhirnya pukul 13.05 WIB, Bapak berpulang," ujar Rusdi Amral, Rabu (9/9/2020).

Baca Juga: Jenazah Pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama akan Dimakamkan di TMP Kalibata Esok

Jenazah Jakob Oetama akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (10/9/2020).

"Karena Bapak juga pemegang penghargaan Bintang Mahaputra, akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan Kalibata besok siang," ujar Rusdi.

Rusdi Amral menambahkan, Jakob Oetama adalah legenda, jurnalis sejati yang tidak hanya meninggalkan nama baik, tetapi juga kebanggaan serta nilai-nilai kehidupan bagi Kompas Gramedia.

"Beliau sekaligus teladan dalam profesi wartawan yang turut mengukir sejarah jurnalistik bangsa Indonesia. Walaupun kini beliau telah tiada, nilai dan idealismenya akan tetap hidup dan abadi selamanya,” katanya.

Baca Juga: Kumpulan Quote Inspiratif Jakob Oetama

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x