Kompas TV regional viral

Viral! Harimau Sumatera Terlihat Sangat Kurus, Ini Pengakuan Pihak Kebun Binatang

Kompas.tv - 8 September 2020, 13:10 WIB
viral-harimau-sumatera-terlihat-sangat-kurus-ini-pengakuan-pihak-kebun-binatang
Video harimau terlihat kurus yang viral di Instagram  (Sumber: Instagram/@ndorobei )
Penulis : Dian Septina

KOMPAS.TV - Sebuah video viral yang memperlihatkan harimau dengan tubuh kurus berjalan di kandang kebun binatang. Setelah ditelusuri, harimau tersebut merupakan salah satu satwa yang berada di Maharani Zoo dan Goa Lamongan.

Koordinator Marketing Maharani Zoo dan Goa Lamongan Juli Tri Wahyuningtyas mengatakan, binatang itu merupakan jenis harimau Sumatera.

"Benar dan sempat viral juga, itu salah satu harimau sumatera yang ada di tempat kami," kata Juli dikutip dari Kompas.com, Selasa (8/9/2020).

Koordinator Marketing Maharani Zoo dan Goa Lamongan menjelaskan, jarak antara tribun pengunjung dan dasar kandang membuat harimau itu terlihat kurus. Tribun pengunjung dan dasar kandang berjarak sekira delapan meter.

Juli mengatakan, faktanya harimau Sumatera lebih langsing tidak sebesar harimau-harimau jenis lainnya. Menurut dia, harimau yang terlihat dalam video itu juga sudah tua, usianya sekitar 10 tahun. Harimau itu memiliki anak dari hasil perkawinan sesama jenis harimau sumatera lain di Maharani Zoo dan Goa Lamongan.

Baca Juga: Harimau Positif Virus Corona, Benarkah Hewan Bisa Tularkan ke Manusia? Begini Kata Ahli

Juli membantah harimau tersebut terlihat kurus karena tidak terurus. Ia mengaku pada saat pandemi, intensitas pengunjung yang datang berkurang. Meski begitu, pengelola selalu memberikan makanan dan nutrisi yang sesuai kepada binatang-binatang di sana.

"Untuk nutrisi dan makanan, meski pengunjung tidak banyak seperti sebelum pandemi dan sempat tutup juga beberapa bulan, tapi tetap kami berikan sesuai standar," tutur Juli.

Untuk satu ekor harimau Sumatra, bisa menghabiskan sekira enam dampai delapan kilogram daging dalam sehari. Makanan tersebut diberikan setiap sore.

Sebelumnya, sebuah video memperlihatkan seekor harimau yang terlihat kurus di sebuah kebun binatang viral di media sosial. Bagian perut harimau itu terlihat mengempis seperti kekurangan makan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x