Kompas TV regional berita daerah

Gencar Razia Protokol Kesehatan, Tim Gugas Covid-19 Tes Swab Puluhan Orang

Kompas.tv - 8 September 2020, 10:18 WIB
Penulis : KompasTV Pontianak

PONTIANAK, KOMPAS.TV - Tingginya angka kasus covid-19 beberapa waktu terakhir, nyatanya tidak serta merta meningkatkan kesadaran masyarakat menggunakan masker. Satuan Tugas Covid-19 di Kalimantan Barat pun gencar melakukan razia protokol kesehatan di sejumlah titik di Kota Pontianak.

Minggu lalu, Tim Satgas Covid-19, menjaring sedikitnya 20 orang yang tidak menggunakan masker. Masyarakat yang lalai ini pun langsung diwajibkan menjalani tes swab di tempat.

Baca Juga: Polisi Siap Disiplinkan Masyarakat yang tak Taat Protokol Kesehatan

“Kita terus melakukan swab di kabupaten dan kota, melakukan testing dan tracing. Kalau kita terus periksa, maka potensi pertamabahan kasus terus ada,” tutur Harisson, Kadis Kesehatan Kalbar.

Razia masker gencar dilakukan untuk mencegah penyebaran covid-19. Saat ini, petugas masih memberikan toleransi kepada masyarakat dengan tidak memberikan sanksi.

Namun dalam beberapa hari ke depan, sanksi tegas akan diberikan kepada masyarakat yang lalai sesuai dengan surat edaran pemerintah berupa sanksi sosial dan denda.

“Selama ini penindakan belum, tapi kami hanya memberikan imbauan-imbauan pada masyarakat. Untuk sanksi nanti ke depannya akan dilaksanakan,” ucap AKP Rizal, Kabag Ops Polresta Pontianak.

Selain menggelar razia masker, mulai Senin kemarin, Tim Satgas Covid-19 Kalbar akan melakukan patroli rutin dengan menyisir seluruh sudut kota. Jika ditemukan kembali masyarakat yang lalai menggunakan masker, Satgas Covid-19 akan langsung memberikan sanksi.

Simak informasi lain dari Kota Pontianak dan Kalimantan Barat di kanal YouTube KompasTV Pontianak.

#Covid19 #ProtokolKesehatan #SwabTest



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x