Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Galon Plastik Sekali Pakai Bernilai Ekonomi Tinggi untuk Daur Ulang

Kompas.tv - 7 September 2020, 17:06 WIB
galon-plastik-sekali-pakai-bernilai-ekonomi-tinggi-untuk-daur-ulang
Berbagai kemasan produk makanan dan minuman menggunakan plastik PET. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV – Plastik merupakan jenis kemasan produk yang paling banyak digunakan masyarakat. Terlebih lagi kini plastik ramah lingkungan mulai banyak bermunculan beberapa tahun belakangan.

Hal ini sekaligus mengajak masyarakat agar semakin memiliki kepedulian yang tinggi terhadap daur ulang kemasan produk.

Ahli Teknologi Polimer dari Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Mochamad Chalid, mengatakan, produk plastik adalah bahan yang diformulasikan dari polimer sebagai bahan baku utama dan aditif-aditif sebagai bahan baku pembantu.

Plastik memerlukan waktu degradasi bertahun-tahun, karena itu produk plastik harus didesain sebagai bahan yang dapat didaur ulang.

“Proses daur ulang sendiri merupakan salah satu solusi pemanfaatan sampah plastik agar tidak membebani lingkungan,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/9/2020).

Baca Juga: Ubah Sampah Plastik Jadi Barang Bernilai Ekonomis

Penggunaan kemasan plastik yang aman untuk kemasan pangan dapat diketahui dengan melihat kode daur ulang berupa segitiga panah dengan kode angka di dalamnya. Kode tersebut biasanya tertera di bagian bawah kemasan plastik.

Kode 1 untuk PET atau PETE (polyethylene terephthalate), kode 2 untuk HDPE atau PE-HD (high-density polyethylene), kode 3 untuk PVC atau V (polyvinyl chloride), dan kode 4 untuk LDPE atau PE-LD (low-density polyethylene).

Kemudian ada pula kode 5 untuk PP (polypropylene), kode 6 untuk PS (polystyrene), serta kode 7 untuk OTHER. Ada empat jenis plastik yang termasuk dalam kategori kode 7, yaitu styrene acrylonitrile (SAN), acrylonitrile butadiene styrene (ABS), polycarbonate (PC), dan nylon.

Menurut Chalid, berpedoman pada Resin Identification Code (RIC) yang diterbitkan oleh The Society of Plastic Industry (SPI) pada tahun 1988 di Amerika Serikat, jenis plastik yang paling mudah didaur ulang adalah Polyethylene Terephthalate (PET), dengan kode angka 1.

“PET banyak digunakan sebagai bahan baku produk plastik, seperti kemasan botol dan galon air minum. Hal ini dikarenakan PET memiliki beberapa sifat yang unggul, di antaranya, berwarna jernih, ringan, mudah dibentuk, tidak mudah pecah, dan mudah di daur ulang,” terangnya.

Kestabilan sifat PET, selain membuatnya mudah didaur-ulang, juga menyebabkan limbah PET dapat dikonversi menjadi beragam produk turunan dan bernilai ekonomi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x