Kompas TV regional berita daerah

PLTS Bantu Pulau Kecil Nikmati Listrik 24 Jam

Kompas.tv - 4 September 2020, 17:55 WIB
Penulis : KompasTV Manado

SITARO, KOMPAS.TV-  Pembangkit Listrik Tenaga Surya, bantuan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, bantu warga kampung Matole di pulau Buhias nikmati listrik 24 jam.

Kampung Matole berada di pulau Buhias, Kecamatan Siau Timur Selatan, untuk sampai ke Matole warga harus naik perahu dari kota Ulu di pulau Siau selama 45 menit.

Perahu merupakan satu satunya alat transportasi yang digunakan warga beraktifitas antar pulau.

Kampung yang di huni, empat ratus lima puluh lima warga ini baru bisa merasakan listrik 24 jam pada 2017 lalu, saat bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral terpasang di kampung Matole. Sebelumnya mesin generator jadi andalan warga yang mampu dengan durasi listrik 7 jam saja di malam hari.

Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya ini sudah dihibahkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulaian Sitaro, serta di kelola langsung oleh warga di kampung Matole.

Sejak terpasangnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya, saat ini warga bisa menggunakan listrik siang dan malam, selain lampu, kapastias PLTS juga bisa untuk menonton TV, ataupun mesin pendingin, warga juga cukup membayar 15 Ribu Rupiah perbulannya, untuk PLTS ini diketahui berkapastias 75 KWP (killowat peak).

Sementara itu, warga di kampung Matole tetap merindukan listrik dari PT.PLN bisa masuk, supaya warga bisa menggunakan listrik dengan skala besar, apalagi umumnya mata pencaharian warga adalah nelayan, yang butuh Es sebagai pengawet ikan sebelum dijual.

Untuk diketahui di pulau Buhias terdapat dua kampung yakni Matole dan Buhias, sementara untuk kampung Buhias belum bisa merasakan listrik 24 jam.

#kompastvmanado #esdm #plts

Jufri Kasumbala Kompas tv Sitaro

 

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x