Kompas TV regional peristiwa

10 Anggota KKB Serahkan Diri dan Nyatakan Kembali ke NKRI

Kompas.tv - 1 September 2020, 20:32 WIB
10-anggota-kkb-serahkan-diri-dan-nyatakan-kembali-ke-nkri
10 anggota KKB pimpinan Purom Wenda menyerahkan diri dan menyatakan kembali ke NKRI, Senin (31/8/2020). (Sumber: Dok. Penerangan Kogabwilhan III)
Penulis : Idham Saputra

JAYAPURA, KOMPAS.TV - Sebanyak 10 anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Purom Okiman Wenda (POW) menyatakan diri kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua.

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Penerangan Kogabwilhan III Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa.

"Pada 31 Agustus 2020 telah dilakukan penyerahan diri empat orang kelompok Militan Purom Okiman Wenda beserta enam orang simpatisannya kepada Satgas Pamtas Mobile YPR 305/TKR di Lany Jaya," ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa (1/9/2020) dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Ketika Marthen Douw Menginterupsi Puan Maharani: Saya Papua Belum Sepenuhnya Merasakan Kemerdekaan

Empat orang yang merupakan anggota KKB dan telah masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) adalah Tabenak Wenda, Join Tabuni, Dekin Wenda dan Bakar Wenda.

Sedangkan enam orang lain merupakan simpatisan KKB, yakni Leis Tabuni , Telia Wenda, Kuku Tabuni , Wiro Wenda , Kondis Tabuni dan Nendiles Wenda.

Nyoman mengungkapkan kesepuluh orang tersebut mengakui pernah bergabung dengan KKB pimpinan POW dan telah mengikuti pelatihan militer di Markas OPM Soemalo, serta terlibat dalam dinas jaga pos di Markas OPM Soemalo.

"Kesepuluh orang tersebut juga mengakui bergabung dalam OPM karena diancam oleh POW dan dijanjikan akan memperoleh kehidupan yang lebih baik," katanya.

Baca Juga: Buron Sejak 2009, Pimpinan KKB Papua Ditembak Mati Tim Gabungan TNI-Polri

Pada acara penyerahan diri tersebut, diserahkan juga barang bukti berupa satu buah handy talkie (HT), satu buah charger HT, dan satu buah rompi serbu yang pernah digunakan pada saat mereka masih tergabung dalam KKB pimpinan POW.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x