Kompas TV bisnis kebijakan

BPJS Ketenagakerjaan Sudah Kantongi 14 Juta Rekening Calon Penerima Subsidi Gaji

Kompas.tv - 31 Agustus 2020, 17:32 WIB
bpjs-ketenagakerjaan-sudah-kantongi-14-juta-rekening-calon-penerima-subsidi-gaji
Ilustrasi: uang gaji. BPJS Ketenagakerjaan Sudah Kantongi 14 Juta Rekening Calon Penerima Subsidi Gaji. (Sumber: Shutterstock/Kompas.com)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus mengumpulkan nomor rekening calon penerima bantuan subsidi gaji.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto mengatakan, sampai saat ini ada 14 juta nomor rekening yang sudah dikumpulkan.

Dari data yang terkumpul tersebut, BPJS Ketenagakerjaan masih perlu melakukan validasi secara berlapis.

Baca Juga: Rekening Penerima Subsidi Gaji 600 Ribu Gelombang Kedua Masuk Validasi BPJS Ketenagakerjaan

"Jumlah rekening bank yang sudah masuk 14 juta, yang sudah valid 11 juta, ada 3 juta yang masih perlu diperbaiki oleh pemberi kerja," ujar Agus kepada Kontan, Senin (31/8).

Meski begitu, masih ada sekitar 1,7 juta nomor rekening calon penerima bantuan yang belum diterima oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk itu, BPJS Ketenagakerjaan meminta perusahaan untuk menyerahkan rekening paling lambat hingga 15 September. Batas terakhir ini baik untuk penyerahan rekening baru maupun perbaikan atas rekening yang tidak valid.

Adapun, BPJS Ketenagakerjaan mencatat ada 15,7 juta tenaga kerja formal yang tercatat sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan per 30 juni 2020 dengan upah dibawah 5 juta. Ini berdasarkan data upah yang dilaporkan oleh perusahaan ke BPJS Ketenagakerjaan.

Meski begitu, Agus mengatakan bahwa tak semua nomor rekening tersebut bisa terkumpul.  

"Tentunya tidak mungkin bisa terkumpul 100%, karena masih ada  tenaga kerja yang tidak bankable atau ada yang meninggal dunia, atau pindah tempat tidak lapor dan lain-lain," katanya.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan: Subsidi Gaji Rp 600.000 Tahap Kedua Segera Meluncur

Sementara itu, dari data yang sudah divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan, sudah ada 2,5 juta data calon penerima subsidi gaji yang sudah diserahkan kepada Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). Bantuan Subsidi gaji ini pun sudah disalurkan sejak pekan lalu.

Selanjutnya, BPJS Ketenagakerjaan pun segera menyerahkan kembali data calon penerima subsidi gaji ini pada Kemenaker. "Besok (Selasa, 1/9), akan kami serahkan 3 juta data calon penerima bantuan subsidi upah," katanya.

Hal ini pun sudah diungkapkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah sebelumnya.

Dia berharap, penyerahan data calon penerima bantuan subsidi gaji ini dapat meningkat sehingga realisasi program ini semakin cepat.

"Kemarin 2,5 juta diberikan datanya oleh BPJS Ketenagakerjaan. Minggu ini, Senin kami akan meminta tidak 2,5 juta tapi 3 juta untuk kita proses selanjutnya. Jadi mudah-mudahan semakin naik. tidak 2,5 juta tapi 3 juta untuk mempercepat penyerapan," ujar Ida.

Baca Juga: Ramai-ramai 4,9 Juta Pekerja Keluar dari Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, Ada Apa?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x