Kompas TV video cerita indonesia

Megawati: Bela Negara Termasuk Bela Simbol Negara

Kompas.tv - 29 Agustus 2020, 21:45 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pengarah Badan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri memberikan orasi kebangsaan dalam pembukaan pendidikan mahasiswa Universitas Pertahanan pada Sabtu, 29 Agustus 2020.

Dalam orasinya, Megawati menyatakan agar generasi bangsa bisa tetap menghormati dan berkomitmen menjaga simbol negara.

"Sebenarnya mengisi jiwa nasionalisme patriotisme kepada anak bangsa kita, bahwa bela negara adalah antara lain membela simbol-simbol kenegaraan yang ada," tuturnya Megawati seperti dilansir dalam tayangan youtube Universitas Pertahanan Official (29/8/2020).

Megawati juga berkisah mengenai sejarah pemerintahan Indonesia yang ingin direbut kembali oleh Belanda bersama sekutu yaitu pada Januari 1946. Saat itu Ibu Kota Indonesia dipindah ke Yogyakarta setelah proklamasi.

Ia menceritakan bahwa ayahnya Presiden Soekarno saat itu memboyong keluarganya pindah ke Yogyakarta namun tak berani membawa bendera pusaka merah putih dengan alasan keamanan.

Bendera merah putih itu akhirnya dititipkan kepada seseorang bernama Husein Muntahar dengan membawahnya terpisah lalu disatukan kembali di Yogyakarta.

Dengan kisah perjuangan ini sudah seharusnya, generasi bangsa bisa menghormati perjuangan pahlawan dan bendera merah putih sebagai simbol negara. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x