Kompas TV regional berita daerah

Bupati Lumajang Sidak Pemenuhan Air Bersih di Pemukiman Warga

Kompas.tv - 28 Agustus 2020, 11:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Bupati Lumajang Jawa Timur, Thoriqul Haq melakukan sidak ke sejumlah desa untuk memastikan pemenuhan air bersih bagi warga. Hasilnya bupati menemukan sejumlah permasalahan, mulai dari sumur bor yang tidak mengalir hingga air PDAM tidak mengalir, namun warga tetap membayar tagihan.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq sidak ke 2 Desa, yakni Desa Mlawang dan Tegalciut, Kecamatan Klakah pada Selasa (25/08). Bupati sidak dengan menaiki kendaraan roda dua agar bisa masuk ke rumah-rumah warga.

Baca Juga: Memasuki Musim Kemarau, Bupati Thoriq Tinjau Ranu Aeng

Bupati Thoriq langsung melihat beberapa sumur bor, yang airnya tidak bisa dialirkan ke rumah warga. Hal ini terjadi karena di Desa Mlawang terdapat rel kereta api, sehingga pipa air tidak bisa sampai ke pemukiman warga, yang berada di seberang rel kereta api.

Bupati juga menemukan permasalahan lain, yakni pemenuhan air bersih, yang dialirkan melalui PDAM, seringkali tidak mengalir. Padahal warga tetap membayar tagihan air setiap bulannya. Kondisi seperti ini sudah dialami warga dalam satu tahun terakhir.

Baca Juga: Bupati Lumajang Respon Keluhan Warga Soal Limbah Medis

Melihat permasalahan tersebut, Bupati akan segera mencarikan solusi dengan berkoordinasi bersama sejumlah pihak terkait.

Bupati juga mendorong program Pamsimas atau penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat agar segera terealisasi untuk membantu warga, yang mengalami krisis air bersih.

 

#AirBersih #BupatiLumajang #PDAM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x