Kompas TV nasional kesehatan

4 Manfaat Kesehatan dan Kandungan Nutrisi Ikan Gabus

Jumat, 28 Agustus 2020 | 06:15 WIB
4-manfaat-kesehatan-dan-kandungan-nutrisi-ikan-gabus
Ikan gabus punya banyak manfaat dan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. (Sumber: Showcake)

Penulis : Idham Saputra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ikan gabus atau yang juga dikenal nama latin Channa Striata, dalam beberapa bulan terakhir semakin digemari oleh masyarakat, khususnya di kalangan penggemar ikan hias air tawar. 

Ikan predator yang berasal dari sejumlah danau maupun sungai di Indonesia dan di luar negeri ini semakin banyak dikoleksi.

Tidak sekadar untuk dipelihara, orang banyak membudidayakan ikan gabus juga karena nilai komersialnya yang tinggi. Selain itu, manfaat kesehatan yang dimiliki ikan gabus juga banyak.

Ikan gabus adalah sumber protein dan vitamin A. Selain itu juga mengandung asam arakidonat yang tinggi dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

Berbagai jenis lipid juga terdapat dalam ikan air tawar ini, seperti fosfolipid, lemak alkohol, trigliserida, dan ester kolesterol.

Semua jenis lipid tersebut berfungsi untuk menghasilkan lemak jenuh tak ganda untuk mengatur sintesis prostaglandin yang mempercepat penyembuhan luka. 

Dilansir dari Food and Nutrion Journal, ikan gabus mengandung albumin yang juga bisa membantu mempercepat pemulihan pasca operasi dan pemulihan fungsi hati. 

Selain itu, ikan gabus juga mengandung antioksidan gluthione, asam amino glutamin, sistein dan glisin yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh, termasuk pankreas.

Sebelum adanya penelitian soal manfaat ikan gabung untuk pasien Covid-19, ikan gabus telah banyak digunakan untuk berbagai pengobatan tradisional karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Dikutip dari riset yang diterbitkan dalam Science Forest, berikut empat manfaat ikan gabus untuk kesehatan:

1. Mengatasi Penyakit Kulit



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x