Kompas TV nasional berita kompas tv

Ketua KPK Mudik Naik Helikopter Sewaan, Berujung Jalani Sidang Etik

Rabu, 26 Agustus 2020 | 14:56 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua KPK pulang kampung pada bulan Juni lalu, menumpang helikopter sewaan.

Ini materi aduan koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia, MAKI, Boyamin Saiman, ke Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi.

Menyewa helikopter, tergolong gaya hidup mewah.

Bergaya hidup mewah, buat personel KPK merupakan pelanggaran kode etik dan pedoman prilaku integirtas serta prilaku kepemimpinan peraturan dewan pengawas KPK.

Diduga tak patuh pada tiga aturan sekaligus, Firli Bahuri, Ketua Lembaga Antirasuah itu mesti berhadapan dengan dewan pengawas di sidang etik Selasa (25/08/2020) kemarin.

Selain Firli, juga ada Boyamin Saiman, pengadu yang dipanggil hadir dalam sidang oleh dewan pengawas.

Pembelaan Firli terhadap tuduhan terhadapnya adalah demi efisiensi waktu.

Ditambah ucapan koleganya sesama pimpinan KPK, Alexander Marwata, perjalanan dari Palembang ke Baturaja, makan waktu tujuh sampai delapan jam.

Argumentasi ini diuji Boyamin.

Kata Boyamin, dari Palembang ke Baturaja cuma butuh 4 jam lewat jalan darat.

Sehingga alasan efisiensi waktu, seperti ucapan dua pimpinan KPK, tak benar.

Firli kemudian menanggapi dengan alasan berbeda.

Ucapan Firli dalam siaran pers pada Senin malam sebelum sidang etik, menuai kritik.

Akhirnya, sebelum dan setelah sidang etik Selasa kemarin, Firli enggan berkomentar.

Setelah sidang, ada tiga kemungkinan keputusan dalam sidang etik dewan pengawas KPK. Pelanggaran ringan, sedang dan berat.

Kini, keputusan ada di tangan dewan pengawas KPK.

Seusai sidang etik, putusan dewan pengawas dinanti untuk diungkap sebagai bukti transparansi KPK kepada publik. 

Penulis : Dea Davina




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
16:14
WAKIL KETUA KOMISI VIII DPR MARWAN DASOPANG: HARI PEREMPUAN INTERNASIONAL MOMENTUM UNTUK DORONG PENGESAHAN RUU PKS   DALAM SIDANG PRAPERADILAN KEDUA, TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB SEBUT PENANGKAPAN DAN PENAHANAN KLIENNYA TIDAK SAH   SETELAH DITUNDA DUA KALI, SIDANG PRAPERADILAN KEDUA YANG DIAJUKAN TIM KUASA HUKUM RIZIEQ SHIHAB DIGELAR HARI INI   PEMERINTAH TARGETKAN VAKSINASI ASN DI SELURUH WILAYAH INDONESIA AKAN SELESAI BULAN JUNI MENDATANG   PULUHAN TAMU YANG IKUT BERJOGET DENGAN WALI KOTA BLITAR TANPA MASKER HARI INI MENJALANI TES CEPAT ANTIGEN   AHY DATANGI KANTOR KEMENKUMHAM UNTUK TUNJUKKAN BUKTI KLB PARTAI DEMOKRAT DI DELI SERDANG TIDAK SAH   BERSAMA 34 KETUA DPD PARTAI DEMOKRAT, AGUS HARIMURTI YUDHOYONO HARI INI DATANGI KANTOR KEMENKUMHAM   KEMENTERIAN KESEHATAN SEBUT TAK ADA VAKSINASI COVID-19 YANG DISELENGGARAKAN DI RUMAH   KEMENKES SEBUT MAHASISWA AKAN MENERIMA SUNTIKAN VAKSIN COVID-19 BERSAMAAN DENGAN KELOMPOK MASYARAKAT UMUM   DINAS KESEHATAN DKI JAKARTA TAMBAH 10 RUMAH SAKIT LOKASI VAKSINASI COVID-19 BAGI LANSIA   POLRI GELAR VAKSINASI COVID-19 UNTUK 2.282 PURNAWIRAWAN POLISI   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN PASTIKAN TAHANAN KASUS YANG DITANGANI OLEH KEJAGUNG DAPAT VAKSIN COVID-19   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN SEBUT, SELAIN KARYAWAN, SEKITAR 30 ORANG TAHANAN KEJAKSAAN AGUNG JUGA IKUT DIVAKSIN   VAKSINASI PEJABAT DAN KARYAWAN KEJAKSAAN AGUNG REPUBLIK INDONESIA DILAKSANAKAN HARI INI DI KANTOR KEJAKSAAN AGUNG