Kompas TV regional berita daerah

Seorang Nelayan Tinggal Di Dalam Gua

Kompas.tv - 26 Agustus 2020, 14:30 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MINUT, KOMPAS.TV- Seorang warga di Minahasa Utara memilih tinggal di sebuah gua selama satu dekade terakhir. Ia mengaku lebih nyaman tinggal di gua hasil pahatannya sendiri.

Sebuah gua yang berada di pinggir jalan menjadi daya tarik bagi warga yang melintas di jalan raya Desa Kema III, Kabupaten Minahasa Utara.

Gua ini tidak terbentuk secara alamiah, melainkan dari hasil pahatan tangan dari salah satu warga setempat yang bernama Hais Abjul.

Pria berusia 58 tahun ini menjadikan gua sebagai tempat tinggalnya sejak 2010 lalu, meski memiliki rumah, Hais lebih memilih tinggal seorang diri di dalam gua.

Ia memanfaatkan lokasi bekas galian c yang terhenti, untuk kemudian dipahat hingga membentuk gua. Butuh waktu berbulan-bulan memahat hingga membentuk dua ruangan besar, yang saling terhubung melalui sebuah koridor sempit dan gelap.

Salah satu ruangan di gua ini dilengkapi sebuah tempat tidur tua, beserta meja dan kursi kayu.

Walaupun keluarganya telah meminta untuk kembali ke rumah, Hais Abjul yang berprofesi sebagai nelayan lebih memilih menghabiskan sisa hidupnya di dalam gua.

Ia mengaku lebih tenang dan nyaman tinggal di dalam gua lembab, meski hanya dilengkapi lampu penerangan seadanya.

Meski kondisi tubuhnya makin menua, hais abjul masih berniat untuk membuat beberapa ruangan lagi di gua yang dihuninya ini.

Selain dikunjungi warga sekitar, tempat ini juga sering disinggahi warga dari luar daerah yang penasaran dengan gua hasil pahatan Hais Abjul.

#kompastvmanado #manusiagua #haisabjul

Yongke Londa Kompas tv Minahasa Utara

Tag :

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x