Kompas TV regional berita daerah

Pandemi Korona, Pemprov Andalkan Produk Kelapa

Kompas.tv - 14 Agustus 2020, 21:00 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV -  Guna menjawab tantangan ekonomi di era pandemi Covid-19,   pemerintah daerah Sulawesi Utara kini mengandalkan sektor perekonomian dari bidang pertanian kelapa dan turunannya. Hal ini disampaikan langsung Kepala Dinas Perkebunan Revly Ngantung Rabu sore, 11 Agustus 2020.

Menyikapi dampak covid-19  terhadap perekonomian di Sulawesi Utara, pemerintah P[ropinsi Sulawesi Utara terus mengembangkan potensi daerah khususnya di sektor pertanian, perkebunan dan perikanan.

Disektor perkebunan, salah satu komoditi andalan sulawesi utara adalah kelapa. Meski memang harga turunan kelapa seperti kopra masih sangat tergantung kondisi pasar dunia, namun upaya pengembangan turunan kelapa lainnya terus ditingkatkan.

Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Sulawesi Utara,  Revly Ngantung pada media mengatakan / pemerintah telah mengalokaikan dana dua miliar lebih  untuk membantu para petani kelapa dapat  mengolah komoditi  kelapa menjadi beberapa turunan dan bisa diekspor.

Dari Data ekspor delapan bulan terakhir  dengan jenis  kelapa parut sudah di ekspor sebanyak 410 kali ke 39 negara Asia dan Eropa dengan volume  9 juta 936 ribu 175 kilogram dengan total nilai ekonomi 223 miliar rupiah lebih.  Sementara untuk bungkil kelapa sudah di ekspor ke tiga negara asia dengan volume  60 puluh juta kilogram sebanyak 33 kali dengan nilai ekonomi  171 miliar lebih. Untuk kopra sendiri baru di ekspor satu kali ke India dengan volume 400 kilogram dengan nilai 10 juta rupiah.

#kompastvmanado #kelapa #korona

ALDY PASCOAL / KOMPAS TV MANADO SULAWESI UTARA

Saksikan Siaran Kompastv :

Chanel 48 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x