Kompas TV nasional politik

Jokowi Arahkan RAPBN 2021 ke Percepatan Pemulihan Ekonomi

Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:57 WIB
jokowi-arahkan-rapbn-2021-ke-percepatan-pemulihan-ekonomi
Presiden Joko Widodo membacakan Nota Keuangan dan RAPBN 2021 di DPR RI. (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membacakan Nota Keuangan dan Rancangan APBN 2021 dalam Sidang Paripurna DPR RI.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi merancang APBN 2021 untuk percepatan pemulihan ekonomi akibat Covid-19. 

"Rancangan kebijakan APBN 2021 diarahkan untuk, pertama, mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19," kata Jokowi di Kompleks DPR RI, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani: Pandemi Covid-19 Ancaman Serius

Selain itu, RAPBN juga akan memfokuskan diri untuk mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan produktivitas, inovasi dan daya saing ekonomi. Kemudian mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital. Yang terakhir pemanfaatan dan antisipasi perubahan demografi.

Menurut Jokowi, fokus RAPBN untuk pemulihan ekonomi dilatari ketidakpastian global maupun domestik masih akan terjadi pada tahun 2021 mendatang. 

Program pemulihan ekonomi harus terus dilanjutkan bersamaan dengan reformasi di berbagai bidang. Selain itu kebijakan relaksasi defisit melebihi 3% dari PDB masih diperlukan, dengan tetap menjaga kehati-hatian, kredibilitas, dan kesinambungan fiskal.

Penulis : Hariyanto Kurniawan


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
07:01
PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN: “LOCKDOWN” DI AUCKLAND BERLANGSUNG SELAMA 7 HARI KE DEPAN   PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN KEMBALI “LOCKDOWN” KOTA AUCKLAND SETELAH TERDETEKSI SATU KASUS COVID-19   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA TNI-POLRI SIAPKAN STRATEGI HADAPI PROPAGANDA KKB   RSUD DAN GEDUNG DPRD RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN PADA JUMAT MALAM   DENSUS 88 TANGKAP SEJUMLAH TERORIS DI JATIM, KABID HUMAS POLDA JATIM: MASIH TERUS DILAKUKAN PENGEMBANGAN   BPBD SIAGAKAN SEJUMLAH PERSONEL UNTUK ANTISIPASI TERJADINYA BENCANA HIDROMETEOROLOGI DI SELATAN JABAR   BPBD: SIAGA BENCANA BANJIR DAN LONGSOR DI SELATAN JABAR PADA 27-28 FEBRUARI 2021   PT JASA MARGA OPTIMISTIS JALAN TOL CINERE-SERPONG SEKSI 1 BISA BEROPERASI PADA AWAL KUARTAL II TAHUN INI   POLRES JAKARTA BARAT GAGALKAN PENYELUNDUPAN 100 KG GANJA DALAM DRUM DI KOTA DEPOK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN 578,8 KILOMETER JALUR SEPEDA DI JAKARTA SELESAI PADA 2030   POLDA SUMATERA UTARA TANGKAP 3 PENGEDAR NARKOBA, 6 KG SABU DISITA   POLDA ACEH USUT INVESTASI BODONG DINAR KHALIFAH, 250 MEMBER SETOR RP 20 M   ANGGOTA KOMISI IX DPR NETTY PRASETIYANI MINTA PEMERINTAH UNGKAP JENIS-JENIS VAKSINASI COVID-19 MANDIRI   KADIN MENGKLAIM SEKITAR 7.000 PERUSAHAAN MENDAFTAR BERPARTISIPASI DALAM VAKSIN MANDIRI