Kompas TV nasional politik

Jokowi Arahkan RAPBN 2021 ke Percepatan Pemulihan Ekonomi

Jumat, 14 Agustus 2020 | 14:57 WIB
jokowi-arahkan-rapbn-2021-ke-percepatan-pemulihan-ekonomi
Presiden Joko Widodo membacakan Nota Keuangan dan RAPBN 2021 di DPR RI. (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membacakan Nota Keuangan dan Rancangan APBN 2021 dalam Sidang Paripurna DPR RI.

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi merancang APBN 2021 untuk percepatan pemulihan ekonomi akibat Covid-19. 

"Rancangan kebijakan APBN 2021 diarahkan untuk, pertama, mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19," kata Jokowi di Kompleks DPR RI, Jakarta, Jumat (14/8/2020).

Baca Juga: Ketua DPR Puan Maharani: Pandemi Covid-19 Ancaman Serius

Selain itu, RAPBN juga akan memfokuskan diri untuk mendorong reformasi struktural untuk meningkatkan produktivitas, inovasi dan daya saing ekonomi. Kemudian mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital. Yang terakhir pemanfaatan dan antisipasi perubahan demografi.

Menurut Jokowi, fokus RAPBN untuk pemulihan ekonomi dilatari ketidakpastian global maupun domestik masih akan terjadi pada tahun 2021 mendatang. 

Program pemulihan ekonomi harus terus dilanjutkan bersamaan dengan reformasi di berbagai bidang. Selain itu kebijakan relaksasi defisit melebihi 3% dari PDB masih diperlukan, dengan tetap menjaga kehati-hatian, kredibilitas, dan kesinambungan fiskal.

Penulis : Hariyanto Kurniawan

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:18
GEMPA BERMAGNITUDO 5,3 YANG GUNCANG KENDARI, SULAWESI TENGGARA, PADA KAMIS DINI HARI TAK BERPOTENSI TSUNAMI   KPK BERENCANA MEMBUKA PENYELIDIKAN KASUS DUGAAN GAGAL BAYAR DI INDUSTRI KEUANGAN    MENKO POLHUKAM MAHFUD MD: PANDEMI COVID-19 DI SEMUA NEGARA DI DUNIA TAK MENGURANGI ANCAMAN RADIKALISME & TERORISME    BIO FARMA KERJA SAMA DENGAN TELKOM MEMBANGUN INFRASTRUKTUR DIGITAL DALAM PENYEDIAAN DAN LAYANAN VAKSIN COVID-19   PRESIDEN VLADIMIR PUTIN PERINTAHKAN VAKSINASI COVID-19 SKALA BESAR DI RUSIA MULAI PEKAN DEPAN    SATGAS PENANGANAN COVID-19 RIAU SEBUT KONDISI GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRI BAIK DAN MASIH STABIL   GUBERNUR RIAU SYAMSUAR DAN ISTRI DIRAWAT DI SALAH SATU RUMAH DI KOTA PEKANBARU SETELAH DINYATAKAN POSITIF COVID-19   KOTA BATU KEMBALI ZONA MERAH, WALI KOTA SEBUT KARENA KENAIKAN KASUS COVID-19 DARI KLASTER KELUARGA, BUKAN PARIWISATA   BP2MI MINTA KEMNAKER CABUT IZIN PERUSAHAAN PENEMPATAN PEKERJA MIGRAN YANG LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   KETERISIAN TEMPAT TIDUR RAWAT INAP DI RSUD KEDIRI, JATIM, YANG JADI RUJUKAN PASIEN COVID-19 MELEBIHI KAPASITAS   JELANG PILKADA 2020, PERLUDEM IMBAU PENYELENGGARA PEMILU WASPADAI KAMPANYE GELAP DAN ANTISIPASI POTENSI KERUMUNAN   CEGAH POLITIK UANG JELANG PILKADA 2020, POLRES KEPULAUAN RIAU BENTUK TIM PATROLI DAN BEKERJA SAMA DENGAN BANK   HARI INI, KPU GELAR DEBAT KANDIDAT PILKADA TANGERANG SELATAN PUKUL 20.00 WIB   MENDAGRI TITO KARNAVIAN MINTA PEMERINTAH DAERAH EVALUASI APBD 2020