Kompas TV regional berita daerah

Guru SD di Kendal Datangi Rumah Siswa

Rabu, 12 Agustus 2020 | 11:17 WIB

KENDAL, KOMPAS.TV - Pandemi Covid-19 memaksa siswa untuk bisa menahan diri agar tidak bersekolah dan melakukan pembelajaran secara daring. Ada seorang guru sekolah dasar di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, yang berinisiatif memberikan pelajaran kepada siswanya, dengan cara mendatangi rumah siswa agar tidak ketinggalan pelajaran.

Jumaratun, seorang guru SD warga Kecamatan Gemuhblanten, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, ini rela mendatangi rumah para siswanya, untuk melakukan pembelajaran secara tatap muka. Semua dilakukan agar siswanya tidak ketinggalan pelajaran di tegah pandemi Covid-19.

Guru yang sudah mengabdi selama 39 tahun ini mengaku, melakukan kunjungan mengajar seperti ini, lantaran metode belajar menggunakan daring dinilai tidak berhasil pada semester sebelumnya sehingga berpengaruh kepada nilai dan perkembangan siswanya.

Siswa merasa senang karena bisa berinteraksi secara langsung, saat sang guru berkunjung dan mengajar kerumahnya. Meski kunjungan tidak terlalu lama, yakni dengan membagi empat kelompok dari 15 anak didik dengan metode pembelajaran praktek dan ceramah. Namun, demikian metode pembelajaran tatap muka tersebut tetap mengedepankan protokol kesehatan dengan mengatur jarak duduk, menggunakan masker, dan pelindung wajah.

Diharapkan apa yang telah dilakukan Jumaratun juga dapat menginspirasi para guru lain di Indonesia. Meski cukup melelahkan, namun upaya tersebut setidaknya dapat meningkatkan semangat para siswa untuk belajar mandiri.

#Kendal #PembelajaranDaring #PandemiCovid19

Editor : KompasTV Jateng



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:33
KUASA HUKUM SUGI NUR RAHARDJA BERENCANA AJUKAN PENANGGUHAN KLIENNYA KE POLISI   BOM BUNUH DIRI DI SEBUAH PUSAT PENDIDIKAN DI IBU KOTA AFGHANISTAN, KABUL, MENEWASKAN 24 REMAJA   RAJA MALAYSIA SULTAN ABDULLAH AHMAD SHAH DAN ANGGOTA KERAJAAN BAHAS PERMINTAAN PM MUHYIDDIN YASSIN   POLRES METRO JAKBAR SITA SENJATA TAJAM SEBAGAI BARANG BUKTI 13 ORANG YANG DITANGKAP KARENA TAWURAN DI GREEN GARDEN   POLRES METRO JAKARTA BARAT TANGKAP 13 PEMUDA YANG TAWURAN DI JALAN PANJANG GREEN GARDEN, KEBUN JERUK   KETUA TAGANA PANGANDARAN, JAWA BARAT, MENGATAKAN BELASAN RUMAH RUSAK PASCAGEMPA BERMAGNITUDO 5,9   SEUSAI BERTEMU MENHAN PERANCIS, MENHAN PRABOWO SUBIANTO KUNJUNGI TURKI TEMUI MENHAN HULUSI AKAR DI ANKARA   POLDA RIAU UNGKAP ANGGOTANYA YANG MENJADI KURIR SABU TERLIBAT JARINGAN NARKOTIKA INTERNASIONAL   KEMENKO PMK MENCATAT 25,9 PERSEN PEMUDA DI INDONESIA MEROKOK   POLISI DAN TNI BUBARKAN KEGIATAN "FUN BIKE IMUNITAS" DI KOTA PALOPO, SULSEL, KARENA LANGGAR PROTOKOL KESEHATAN   ANGGOTANYA BAWA 16 KILOGRAM SABU, KAPOLDA RIAU: KAMI HARAP HAKIM BERI HUKUMAN YANG LAYAK BAGI PENGKHIANAT BANGSA   GUBERNUR DKI JAKARTA ANIES BASWEDAN PERPANJANG PSBB HINGGA 8 NOVEMBER 2020   PEMPROV DKI JAKARTA MENCATAT TOTAL NILAI DENDA DARI PELANGGAR PROTOKOL KESEHATAN MENCAPAI RP 4,9 MILIAR   NARAPIDANA KORUPSI TAMIN SUKARDI MENINGGAL KARENA COVID-19, LAPAS TANJUNG GUSTA, MEDAN DIDISINFEKSI