Kompas TV nasional politik

Kisi-kisi KLB Partai Gerindra, Seluruh Kader Minta Menteri Pertahanan Jadi Ketua Umum

Kompas.tv - 6 Agustus 2020, 23:23 WIB
kisi-kisi-klb-partai-gerindra-seluruh-kader-minta-menteri-pertahanan-jadi-ketua-umum
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani di DPP Gerindra, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Kamis 6/2/2020. (Sumber: KompasTV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPASTV - DPP Partai Gerindar bakal melaksanakan Kongres Luar Biasa (KLB) pada 8 Agustus 2020. Ada kisi-kisi bahwa Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto didorong jadi Ketua Umum.

Kisi-kisi itu dilontarkan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Ia menyatakan dalam KLB nanti bakal ada pernetapan Prabowo Subianto sebagai Ketum periode 2020-2025.

Menurut Muzani ketetapan itu berdasarkan aspirasi kader pada rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Juni lalu, yang menginginkan Prabowo kembali memimpin Gerindra.

Baca Juga: Partai Gerindra Dukung Gibran-Teguh di Pilwakot Solo

"(KLB) sekaligus penetapan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum dan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra," kata Muzani dalam keterangan tertulis, Kamis (6/8/2020).

Muzani menjelaskan selain penetapan Prabowo akan menyampaikan laporan pertanggungjawaban selama kepemimpinan periode 2015-2020. Setelah itu, 34 DPD Provinsi memberikan pandangan terkait laporan tersebut.

Namun, menurut hasil Rapimnas, seluruh DPD Gerindra telah sepakat meminta Prabowo kembali menjadi ketua umum.

"Karena itu kita harus bersatu di belakang Prabowo Subianto, berkomitmen membesarkan partai yang kita cintai ini agar menjadi partai yang solid, kuat, dan lebih besar dari sekarang ini," ujar Muzani.

Baca Juga: Prabowo Ungkap Tukang Pijitnya Kini Jadi Menteri

Muzani menjelaskan, jumlah peserta kongres mencapai 2500 hingga 3000 orang. Namun, tidak seluruh peserta akan hadir secara fisik.

Mereka yang hadir secara fisik adalah pengurus DPD yang mendapatkan mandat dari masing-masing wilayah. Sementara itu, pengurus lainnya mengikuti kongres secara virtual.

KLB pun digelar dengan pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat. Seluruh peserta kongres yang hadir secara fisik diwajibkan mengikuti tes usap atau swab test.

Baca Juga: Sempat ke India, Menhan Prabowo Ternyata Bawa Misi dari Jokowi

"Uji swab yang kita lakukan kepada semua peserta kongres adalah bagian dari cara kami menaati protokol kesehatan di masa Covid ini," ucapnya.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x