> >

Per 30 Agustus 2021, Fitur "Swipe Up" Instagram Stories Akan Diganti Stiker

Aplikasi | 27 Agustus 2021, 15:25 WIB
Ilustrasi penipuan giveaway Instagram (Sumber: Business insider)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Per 30 Agustus 2021, fitur "swipe up" di Instagram Stories akan dihapus. Sebagai gantinya, Instagram akan menyediakan "swipe up" dengan stiker link.

Alih-alih menggeser layar stories seperti sebelumnya, dengan stiker itu, pengguna bisa mengkliknya dan akan diarahkan ke web eksternal. 

Seperti diketahui, "swipe up" digunakan untuk mengunjungi laman web eksternal dengan cara menggeser layar ke atas dan hanya beberapa pengguna yang punya hak untuk meletakkan "swipe up", yakni akun terverifikasi atau memiliki setidaknya 10.000 followers.

Fitur "swipe up" dihentikan dengan tujuan merampingkan pengalaman dan menantang kretifitas penggunna saat membuat fitur Stories.

Baca Juga: Anti Ribet! Ini Cara Download Video Reels Instagram Tanpa Aplikasi

Dilansir dari The Verge, pihak Instagram juga mengatakan penghapusan "swipe up" untuk membuat pengguna mendapatkan kontrol kreatif.

Nantinya, link hanya bisa diletakkan dalam format stiker bukan lagi dengan "swipe up".

Menurut beberapa sumber, kebijakan itu berdasarkan pengujian yang dilakukan Instagram beberapa waktu lalu. Instagram mengujinya kepada seluruh pengguna, bukan hanya mereka yang punya hak menampilkan "swipe up".

Saat pengujian, Mantan Kepala Produk Instagram, Vishal Shah mengatakan stiker lebih cocok bagi orang yang menggunakan platform saat ini. Dia menambahkan tujuannya untuk menyebarkan fitur stiker lebih luas.

Lalu apa perbedaan "swipe up" dan stiker link?

Penulis : Hedi Basri Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU