> >

Beginilah Orang yang Paling Pelit dalam Islam, Siapakah Mereka?

Beranda islami | 26 November 2021, 10:59 WIB
ilustrasi burung soal rezeki. Dalam islam, ada orang yang paling pelit. siapakah dia? (Sumber: pixabay)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam Islam, ada sosok yang dianggap orang paling pelit. Mereka bisa jadi ada di sekitar kita, duduk tak jauh dari tempat kita dan kerap berjumpa atau tegur sapaa dengannya.

Lantas, siapakah orang yang dianggap paling pelit dalam Islam itu?

Dalam sebuah hadis, Rasulullah menyebutkan tentang seorang yang disebut bakhl atau bakhil yang bermakna pelit. Orang itu adalah, mereka yang enggan berselawat kepada beliau.

Hadis itu diriwayatkan oleh sahabat Imam Ahmad, yang artinya: "Orang yang pelit adalah orang yang ketika namaku disebut di sampingnya, ia tidak mau membaca selawat kepadaku." (HR: Ahmad).

Baca Juga: Bacaan Selawat Sederhana untuk Melancarkan Rezeki

Untuk itulah, berselawat kepada baginda Nabi Muhammad SAW adalah salah satu ibadah sederhana yang baiknya sering-sering kita lakukan.

Dalam Alquran juga dijelaskan, begitu mulai Nabi Muhammad sebagai kekasih-Nya, umat mukmin disuruh untuk berucap salam kepada beliau, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad.

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (Al-Ahzab [33] ayat 56).

Baca Juga: Maulid Nabi: Begini Sisi Lain Nabi Muhammad yang Gemar Bercanda

Pahala Gemar Selawat kepada Nabi Muhammad

Begitu banyak pahala selawat kepada Nabi Muhammad, hingga bagi mukmin yang kerap berselawat akan mendapatkan banyak kebaikan, pahala pun akan mengalir. 

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU