> >

Gus Baha Jelaskan Sebaik-baik Ibadah adalah Bekerja, Bagaimana itu?

Beranda islami | 24 November 2021, 16:59 WIB
Gus Baha dalam sebuah ceramah jelaskan soal bekerja adalah ibadah terbaik, bagaimana bisa? (Sumber: kompas.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - KH Ahmad Bahaudin Nursalim atau bisa disapa Gus Baha menjelaskan soal sebaik-sebaik ibadah bekerja. Bagaimana bisa?

Gus Baha lantas mengisahkan pengalamannya ketika di pasar bersama anak-anaknya dan terkaget. Waktu itu tanggal 2 Syawal, sehari setelah lebaran.

“Di tanggal 2 syawal itu sudah ada penjual ayam. Saya menangis, ya Allah tanggal 2 syawal sudah cari uang,” kata Gus Baha di akun youtube resmi beliau Santri Gayeng, KOMPAS TV sudah mendapatkan izin mengutip beliau.

Gus Baha lantas cerita, ia langsung beli dagangan dari orang itu. Penjual di pasar itu kata Gus Baha juga ternyata mengenal dirinya.

Ia bertanya,”Beli berapa ayam Gus?”

“Beli dua ratus ribu,” jawab Gus Baha.

Baca Juga: Gus Baha Jelaskan soal Penggunaan Air PDAM untuk Bersuci, Najis atau Tidak?

Lantas semua ayam dari penjual itu dibawa. Anakna yang ikut ke pasar bersama Gus Baha heran dan membuat anaknya kebingungan, buat apa beli ayam sebanyak itu?

“Ya… dipakai untuk pelajaran (hikmah) saja,” kelakar Gus Baha.

Lantas beliau menjelaskan soal  bahwa di tanggal 2 syawal beberapa orang saja sudah mencari uang. Padahal, biasanya, dalam tradisi masyarakat kita, di tanggal itu orang masih biasa saling silaturahim, sowan atau semacamnya.

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU