> >

Buaya Liar Masuk Pemukiman Warga

Berita daerah | 18 Juni 2020, 01:18 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.TV - Buaya muara berjenis kelamin betina sepanjang dua meter, berhasil dievakuasi petugas Animal Rescue Samarinda. Setelah berhasil ditangkap oleh warga di sekitaran bantaran Sungai Karang Mumus pada rabu siang tadi.

Petugas harus mengikat kaki buaya dengan tali nilon lantaran hewan predator penghuni Sungai Karang Mumus ini terus berontak saat dievakuasi oleh petugas.

Setelah berhasil mengevakuasi hewan buas tersebut, Animal Rescue Samarinda langsung menyerahkan buaya muara ini kepada petugas BKSDA Kaltim untuk kembali dilepas liarkan di Kawasan Taman Nasional Kutai.

Di duga habitat binatang buas ini tergerus lantaran pembangunan disekitaran Hulu Sungai Karang Mumus sudah semakin padat pemukiman, hingga buaya tersebut memasuki kawasan pemukiman untuk mencari makan.

Atas maraknya penemuan buaya di sekitar lokasi pemukiman penduduk, petugaspun menghimbau kepada masyarakat untuk terus waspada saat beraktifitas di pinggir sungai. Pasalnya di Kota Samarinda masih banyak warga tinggal di bantaran sungai.

Dari data BKSDA Kaltim,  sepanjang tahun 2020 petugas sedikitnya sudah mengevakuasi buaya sebanyak tiga ekor di kawasan pemukiman penduduk.

#BuayaLapar#PemukimanWarga#BKSDAKaltim

Penulis : KompasTV-Tenggarong

Sumber : Kompas TV


TERBARU