> >

Selamatkan Nyawa Pasien Positif Corona, Khofifah Minta Orang yang Sembuh dari Covid-19 Donor Darah

Berita daerah | 4 Juni 2020, 01:20 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Sumber: KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN)

JAWA TIMUR, KOMPAS TV - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa, meminta kepada pasien yang dinyatakan sembuh dari virus corona atau Covid-19 untuk bergabung dalam gerakan sosial menyelamatkan nyawa orang lain.

Adapun gerakan sosial yang dimaksud bekas menteri sosial itu yakni dengan cara mendonorkan plasma darah guna membantu pasien Covid-19 lainnya yang belum sembuh hingga kini.

“Darah dari para pasien Covid-19 yang telah sembuh bisa menyelamatkan nyawa orang lain karena di dalamnya ada kekebalan yang bisa membunuh Covid-19 (Virus Corona),” kata Khofifah di Jawa Timur pada Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: Respons Khofifah Usai Risma Marah-Marah karena 2 Mobil PCR Batal ke Surabaya

Seperti diketahui, jumlah pasien terkonfirmasi negatif atau sembuh dari Covid-19 di Jawa Timur meningkat drastis pada Rabu (3/6/2020). 

Total penambahan pasien yang dinyatakan sembuh mencapai 292 orang. Dengan demikian, total pasien Covid-19 yang sembuh mencapai 1.091 orang.

Dengan total pasien sembuh sebanyak itu, maka prosentase tingkat kesembuhan pasien Covid-19 di Jawa Timur mencapai 20,55 persen.

Tambahan jumlah pasien Covid-19 yang sembuh terbanyak disumbang dari Kota Surabaya sebanyak 240 pasien, Kabupaten Pasuruan 16 pasien, Kabupaten Probolinggo 7 pasien.

Lalu Kabupaten Gresik dan Bojonegoro masing-masing 5 orang, Tuban dan Kota Malang masing-masing 4 orang, Sidoarjo dan Ngawi masing-masing 3 orang, Nganjuk dan Jombang masing-masing 2 orang, dan Kota Pasuruan 1 orang.

Baca Juga: Hasto Kristiyanto Minta Khofifah Hentikan Rivalitas Politik dengan Risma Soal Penanganan Covid-19

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU