> >

Bawaslu Lampung Temukan Ratusan Logistik Pemilu Rusak, Termasuk Surat Suara dan Bilik

Sumatra | 3 Januari 2024, 11:57 WIB
Petugas menemukan surat suara pemilu 2024 yang rusak di bagian atas dan bawah saat proses pelipatan. (Sumber: Kompas TV/Roma Afria Idham)

BANDAR LAMPUNG, KOMPAS.TV – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung menemukan ratusan logistik pemilu yang cacat atau rusak di 15 kabupaten dan kota.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar, Selasa (2/1/2024).

Menurutnya, berdasarkan pendataan Bawaslu Provinsi Lampung, terdapat beberapa logistik yang rusak ketika didistribusi dari pusat ke gudang yang digunakan KPU kabupaten/ kota.

Kerusakan terjadi pada kotak suara dan bilik suara, yang terbuat dari bahan duplek.

“Jadi dari pendataan Bawaslu di kabupaten/kota ditemukan ada beberapa yang penyok atau juga sobek," jelasnya, dikutip dari laporan jurnalis Kompas TV Lampung, Roma Afria Idham.

Baca Juga: Lakukan Pengecekan, KPU Purwakarta Pastikan Logistik Pemilu 2024 Tersimpan Baik dan Aman

Adapun rincian logitik yang rusak di Pesawaran 1 kotak suara, Lampung Utara 140 bilik suara, Way Kanan 58 paku coblos rusak, Tulangbawang Barat 3 kotak suara, Lampung Timur 6 kotak suara, dan Mesuji 1 kotak suara.

Berkaitan dengan hal itu, lanjut dia, Bawaslu di 15 kabupaten kota di Lampung telah berkoordinasi dengan KPU masing-masing, agar logisitik yang rusak segera diganti dengan yang baru.

"Jadi ini timeline-nya masih ada waktu, dan kami minta agar segera diganti yang rusak, dan kami pastikan juga timelinenya, biar tepat waktu," jelasnya.

"Bawaslu Lampung terus melakukan pengawasan dan menekankan kepada Bawaslu kabupaten kota untuk selalu melaporkan apa pun yang terjadi di kabupaten kota yang berkaitan dengan logistik,"  bebernya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU