> >

Kronologi KA Probowangi Tabrak Minibus di Lumajang hingga Tewaskan 11 Orang

Jawa timur | 20 November 2023, 08:18 WIB
Kondisi minibus yang tertabrak Kereta Api Probowangi di Klakah, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/11/2023). (Sumber: KOMPAS.com/MIFTAHUL HUD)

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Kecelakaan maut yang melibatkan minibus Isuzu Elf dan kereta api (KA) Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya terjadi di Lumajang, Jawa Timur, Minggu (19/11) malam.

Sebanyak 11 penumpang minibus dikabarkan meninggal dunia akibat kendaraan yang mereka tumpangi dihantam KA Probowangi.

PLH Manajer Hukum dan Humas PT KAI DAOP 9 Anwar Yuli Prasetyo menjelaskan kronologi kecelakaan antara KA Probowangi dengan minibus bernopol N-7646-T.

Ia mengatakan berdasarkan keterangan dari masinis kereta tersebut, kecelakaan terjadi sekitar pukul 19.53 WIB.

Saat itu KA Probowangi relasi Ketapang Banyuwangi-Surabaya berjalan melintasi Jalur Perlintasan (JPL) 63, KM 139, Dusun Prayuana, Desa Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang.

Namun secara tiba-tiba terdapat minibus dengan Nopol N-7646-T yang juga melintasi lintasan kereta api tanpa palang pintu.

"Berdasarkan keterangan dari Masinis, pada 19.53 pada saat melintas di lokasi 63 kilometer 137+9 antara Stasiun Randuagung-Klakah tiba-tiba dari arah samping muncul mobil ELF tersebut," kata Anwar dalam Breaking News Kompas TV, Minggu (19/11/2023) malam. 

Benturan pun tak terhindarkan. Mobil yang mengangkut belasan penumpang itu kena hantam KA Probowangi yang tengah melaju di jalurnya.

Baca Juga: KA Probowangi Tabrak Minibus di Lumajang, 11 Orang Tewas

Anwar mengatakan setelah kejadian masinis sempat menghentikan kereta api untuk memeriksa rangkaian.

Penulis : Isnaya Helmi Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU