> >

LRT Velodrome-Manggarai akan Groundbreaking Oktober 2023, Targetnya Selesai pada 2026

Jabodetabek | 5 Oktober 2023, 13:12 WIB
Ilustrasi. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan, pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodorome-Manggarai akan dimulai bulan ini dan dikerjakan selama 36 bulan atau tiga tahun. (Sumber: kai.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyatakan, pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodorome-Manggarai akan dimulai bulan ini dan dikerjakan selama 36 bulan atau tiga tahun.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pekan ini pihaknya akan menandatangani kontrak pembangunan LRT dengan pihak swasta. 

Saat ini, Dishub tengah melakukan pemagaran area kerja sebagai upaya persiapan pembangunan secara matang.

"Konstruksi akan dilakukan selama 36 bulan. Saat ini sedang dilakukan pemagaran area kerja secara bertahap, sedangkan untuk 'groundbreaking' sedang disiapkan," kata Syafrin di Jakarta seperti dikutip dari Antara, Kamis (5/10/2023). 

Baca Juga: Luhut Sebut Pemerintah Targetkan 'Groundbreaking' LRT Bali di Awal 2024

Dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah perubahan (RAPBD-P) DKI Jakarta Tahun Anggaran 2023, PT Jakarta Propertindo (JakPro) mendapatkan anggaran untuk pengerjaan proyek LRT Jakarta Fase 1B rute Velodorome-Manggarai sekitar Rp2,4 triliun.

LRT Jakarta trase Velodrome-Manggarai sepanjang 6,4 km ini akan memiliki lima stasiun baru, yakni Stasiun Pemuda, Stasiun BPKP, Stasiun Pasar Pramuka, Stasiun Matraman dan Stasiun Manggarai. 

Sebelumnya, Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail mengingatkan Pemprov DKI untuk mengantisipasi pengadaan lahan agar tidak terjadi kendala dalam pembangunan LRT Fase 1B Velodrome-Manggarai.

Pasalnya, rute LRT Fase 1B ini banyak beririsan dengan permukiman warga. 

“Jangan sampai (rencana) ini terkendala karena belum ada kesepakatan dengan pemilik lahan,” ujar Ismail di Jakarta, Kamis (14/9). 

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU