> >

Alami Gejala Keracunan usai Santap Makanan di Hajatan, 25 Warga Tasikmalaya Dirawat

Jawa barat | 3 Agustus 2023, 14:09 WIB
Ilustrasi keracunan (Sumber: pixabay.com)

TASIKMALAYA, KOMPAS. TV  - Sebanyak 25 warga Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mengalami gejala keracunan makanan setelah mereka menyantap nasi kotak di suatu acara hajatan pada Selasa (1/8/2023).

Puluhan warga tersebut berasal dari Kampung Cibungkul Cikadu, Desa Cibatu, Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, dan sempat mendapatkan perawatan di Puskesmas Karangnunggal.

Para warga tersebut mengalami badan lemah, muntah-muntah, pusing, diare, dan mual, selang dua hari usai menyantap makanan pembagian hajatan, sejak Rabu (2/8/2023) dan masih dirawat sampai Kamis (3/8/2023) dini hari.

Kepala UPTD Puskesmas Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Dadan Kusnanto membenarkan adanya peristiwa puluhan warga yang mengalami gejala keracunan makanan tersebut.

Baca Juga: 78 Warga Keracunan di Cimahi Masih Dirawat

Menurutnya, hampir semua korban yang dirawat telah mendapatkan pertolongan medis sejak Rabu kemarin, dan empat di antaranya sudah diperbolehkan pulang.

"Dari 25 orang korban keracunan yang dirawat di Puskesmas sudah ada 4 orang yang sudah bisa pulang ke rumahnya. Sisanya 21 korban sampai saat ini masih dirawat di Puskesmas," jelas Dadan kepada Kompas.com lewat telepon, Kamis.

Dadan  menambahkan, hampir semua korban mengalami gejala yang sama.

Mereka diantar oleh keluarganya ke Puskesmas. 

Meskipun kedatangan puluhan warga tersebut hampir serentak, tetapi pihaknya tidak terlalu kewalahan menanganinya.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas.com


TERBARU