> >

Update Gempa Yogyakarta: Kekuatan M 6,0 di Kedalaman 67 KM

Jawa tengah dan diy | 30 Juni 2023, 23:55 WIB
Gempa bumi magnitudo 6,4 berpusat di 86 Km barat daya Bantul, DI Yogyakarta, dengan kedalaman 25 KM. Dilihat pemodelan BMKG, pusat gempa yang berada di laut ini tidak berpotensi tsunami. (Sumber: BMKG)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperbarui informasi gempa bumi yang terjadi di Bantul Yogyakarta. 

Sebelumnya kekuatan gempa yang terjadi sekitar Pukul 19.57 WIB tercatat berkekuatan magnitudo 6,4. Setelah analisis, BMKG memperbarui kekuatan gempa yakni M 6,0.

Kemudian lokasi titik gempa sebelumnya diinformasikan di kedalaman 25 Km. Data terbaru titik gempa terjadi di kedalaman 67 KM. Gempa berada di 86 Km Barat Daya Bantul, Yogyakarta. 

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan, gempa Bantul ini terjadi akibat pergerakan lempeng Samudera Hindia yang menukik masuk ke bahwa lempeng benua Asia melalui bahwa Pulau Jawa yang memicu patahan dan terjadi gempa bumi. 

Dwi menjelaskan hasil monitoring BMKG hingga Pukul 21.30 WIB menunjukkan adanya 25 gempa susulan dengan rentang magnitudo 3,0 hingga 4,2. 

Baca Juga: Momen Kepanikan Warga di Hajatan saat Gempa 6,4 M Guncang Kawasan Yogyakarta

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya subduksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau patahan naik," ujar Dwi saat jumpa pers, Jumat (30/6/2023).

Dwi menambahkan guncangan gempa dirasakan hingga ke Bandung Jawa Barat. Skala intensitas Modified Mercally Intensity (MMI) tertinggi terjadi di daerah Bantul, Tulungagung, Nganjuk, Kebumen, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek. Skala guncangan gempa di wilayah tersebut IV MMI.

Daerah Karangkates, Klaten, Kediri, Kulongprogo, Wonogiri dengan intensitas III hingga IV MMI.

Banjarnegara, Purbalingga, Purwokerto, Mojokerto, Pacitan, Gresik, Malang, Salatiga, Jepara dengan skala III MMI. Kemudian daerah Lumajang, Ngawi, Blora dan Bandung dengan skala II hingga III MMI.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU