> >

Dijajal Dua Menteri, Rata-rata Kecepatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung 355 Km/Jam

Jabodetabek | 22 Juni 2023, 19:10 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mencoba kereta cepat Jakarta-Bandung bersama sejumlah pejabat, Kamis (22/6/2023). (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dua menteri Republik Indonesia (RI) hari ini, Kamis (22/6/2023), menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung.

Mereka adalah Menteri Koordinator (Menko) bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Kereta cepat yang diuji dua menteri itu melaju dari Jakarta ke Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Luhut menerangkan, kecepatan rata-rata kereta cepat itu saat ditumpanginya bersama rombongan ialah 355 kilometer (Km) per jam.

"Kami coba sampai kemari dengan target kecepatan 385 kilometer per jam sebentar, tapi rata-rata 355 kilometer per jam," kata Luhut di Stasiun Tegalluar, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga: Kejar Target Operasi Agustus, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Diuji Coba Pada Kecepatan 220 Km/Jam

Ia mengatakan, Presiden Joko Widodo memberi arahan untuk melibatkan setiap elemen yang ada di sepanjang jalur yang terdampak pembangunan proyek kereta cepat tersebut.

Presiden Jokowi, kata Luhut, juga meminta agar proyek tersebut selesai tepat waktu.

"Dengan harapan rakyat juga merasakan bagaimana kereta cepat ini," tuturnya. 

Selain menguji kecepatan, Luhut juga menghitung jarak tempuh dari Jakarta ke Bandung yang ternyata hanya berkisar 30 sampai 45 menit. 

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas.com


TERBARU