> >

Kepala Dinas Perpustakaan Makassar Jadi Tersangka Korupsi, Harta Kekayaannya Capai Rp5 M

Sulawesi | 21 Mei 2023, 14:31 WIB
Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A. Palallo saat digiring ke mobil tahanan Kejari Makassar, Jumat (19/5/2023) (Sumber: Kompas.com/Darsil Yahya M)

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar Tenri A Palallo kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan gedung perpustakaan.

Dikutip dari Kompas.com, Tenri termasuk satu di antara tiga tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan gedung perpustakaan Kota Makassar tahun anggaran 2021. 

Dua tersangka lainnya adalah Direktur CV Era Mustika, Mustakim yang menjadi pemenang tender, dan Ridhana selaku pelaksana kegiatan. 

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Makassar Andi Sundari menjelaskan, penetapan tersangka dilakukan setelah penyidik melakukan serangkaian penyidikan yang menunjukkan ada bukti sah untuk penetapan tersangka.

Baca Juga: Kejadian Berulang, Gedung Tahfidzul Qur’an di Makassar Terbakar Lagi! Santri Evakuasi dari Bangunan

"Berdasarkan laporan pemeriksaan lapangan yang dilakukan oleh ahli konstruksi dari Universitas Hasanuddin terdapat ketidaksesuaian spesifikasi dan volume bangunan yang terdapat dalam rencana anggaran biaya (RAB)," ujar Andi dalam konferensi pers di Kejari Makassar, Jumat (19/5/2023).

Dia mengatakan anggaran pembangunan gedung perpustakaan Kota Makassar tahun anggaran 2021 mencapai Rp7.988.363.000. Namun, pembangunan gedung itu tidak selesai 100 persen. 

Andi mengungkapkan, terdapat selisih volume dan spesifikasi material dan mutu bangunan sebesar Rp3.090.573.563.

"Selanjutnya ketiga tersangka tersebut dilakukan penahanan di rumah tahanan selama 20 hari ke depan untuk kelancaran proses penyidikan selanjutnya," ujar dia.

Harta Kekayaan Tenri A Palallo

Penulis : Kiki Luqman Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas.com


TERBARU