> >

Cegah Kemacetan Mudik Lebaran 2023, Pemerintah Tambah 2 Dermaga di Pelabuhan Merak Banten

Banten | 11 April 2023, 14:50 WIB
Presiden Joko Widodo tiba di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, Selasa (11/4/2023). (Sumber: Twitter Joko Widodo)

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Demi mencegah kemacetan saat momen mudik Lebaran 2023, pemerintah menambah dua dermaga di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (11/4/2023).

Penambahan dua dermaga tersebut meningkatkan kapasitas hingga 10 ribu penumpang di Pelabuhan Merak. 

Pelabuhan yang sebelumnya hanya bisa menampung 34 ribu orang itu pun kini akan bertambah kapasitasnya hingga 49 ribu orang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun menghargai upaya kementerian dan lembaga yang menambah kapasitas Pelabuhan Merak guna mencegah kemacetan saat momen mudik Idulfitri 1444 Hijriah.

Presiden menerangkan, penambahan jumlah dermaga di Pelabuhan Merak sangat penting, mengingat jumlah pemudik tahun ini diperkirakan meningkat dari 86 juta menjadi 123 juta orang.

"Saya sangat menghargai apa yang sudah dilakukan di Pelabuhan Merak, tadi disampaikan ada penambahan pelabuhan dermaga dua, dan juga penambahan kapasitas yang signifikan, jadi kapasitas dari 34 ribu ke 49 ribu ini sebuah jumlah yang cukup besar," kata Presiden Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas soal persiapan mudik Lebaran tahun 2023 di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (11/4/2023) sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas TV, Cincy dan Wandi.

"Karena kita tahu yang mudik nanti dari 86 juta ke 123 juta (orang -red). Oleh sebab itu, tambahan kapasitas dan dermaga ini penting sekali," imbuhnya.

Baca Juga: 123 Juta Orang Mudik, Menhub Lakukan Antisipasi Lonjakan Arus Mudik di Pelabuhan Merak dan Ciwandan

Selain menambah jumlah dermaga, Jokowi menyebut, manajemen Pelabuhan Merak juga akan memisahkan jalur antara kendaraan kecil dengan kendaraan besar ke dermaga yang berbeda.

Penulis : Nadia Intan Fajarlie Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU