> >

TNI: Perempuan dalam Foto Korban Mutilasi Aparat di Sinak Adalah Hoaks

Kriminal | 6 Maret 2023, 15:14 WIB
Ilustrasi jenazah. Kodam XVII/Cenderawasih memastikan foto perempuan yang viral di sejumlah media sosial dengan narasi sebagai korban mutilasi aparat keamanan di Sinak adalah hoaks. (Sumber: Kompas.com)

JAYAPURA, KOMPAS.TV – Pihak Komando Daerah Militer (Kodam) XVII/Cenderawasih memastikan foto perempuan yang viral di sejumlah media sosial dengan narasi sebagai korban mutilasi aparat keamanan di Sinak adalah hoaks.

Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman menjelaskan hal itu melalui keterangan tertulis, Senin (6/3/2023).

Herman menjelaskan, tersiarnya beberapa gambar atau foto yang oleh penyebar berita diidentikkan seorang wanita dengan inisial TM warga Sinak dibeberapa media sosial, Senin (6/3/2023) dipastikan merupakan berita bohong.

“Termasuk dinarasikan sebagai korban penembakan dan mutilasi oleh aparat keamanan yang bertugas di Sinak, adalah dipastikan tidak benar, bohong dan hoaks,” kata dia.

Herman menuturkan, mama TM merupakan "korban penembakan gerombolan kelompok separatis teroris (KST) atau kelompok kriminal bersenjata (KKB)".

Baca Juga: Anggota TNI Praka Jumardi Dimakamkan Setelah Gugur Ditembak KKB Saat Evakuasi Warga

Peristiwa penembakan tersebut terjadi pada Jumat (3/3/2023) lalu. Kala itu personel keamanan yang akan mengevakuasi korban justru mendapat serangan dari KKB.

Serangan tersebut pun mengakibatkan seorang prajurit TNI tertembak dan gugur, Pratu JM anggota Yonif R 303/SSM yang saat ini sudah dimakamkan.

"Ini semua dengan tujuan untuk memutar balikkan fakta, semua pemberitaan ini dilakukan oleh kelompok KST dan simpatisannya dengan tujuan menjatuhkan wibawa pemerintah, khususnya aparat keamanan yang sedang bertugas di Papua yang sedang melindungi masyarakat dari ancaman KST," jelas Kapendam.

Menurut Kapendam, foto dan gambar yang beredar merupakan hasil editing dan rekayasa.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU