> >

24 Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Dirawat di RSPP, Begini Kondisi Mereka Saat Ini

Peristiwa | 5 Maret 2023, 15:54 WIB
Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta dr. Theryoto menyampaikan perkembangan terbaru atau update mengenai kondisi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). (Sumber: Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) dr. Theryoto mengungkapkan kondisi kesehatan 24 korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang masih dalam perawatan medis.

Theryoto mengatakan, 13 di antara mereka masih dirawat di ruang intensive care unit (ICU), sementara sebelas lainnya di unit luka bakar.

“Saat ini masih dalam tahap medis, yaitu tentang bagaimana untuk kita menangani korban supaya cepat pulih,” kata Theryoto dalam konferensi persi di RSPP, Jakarta Selatan, Minggu (5/3/2023).

Baca Juga: 1 Orang Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Meninggal di RSPP, Luka Bakar hingga 95 Persen

Ia menambahkan, tim medis akan berfokus pada beberapa hal. Bagi pasien yang dirawat di ruang ICU, tim medis akan fokus pada pemulihan luka bakar pasien.

Theryoto mengungkapkan, luka bakar pada pasien yang dirawat di ICU mencapai 70 persen lebih.

Tim medis juga tengah bekerja agar pasien dapat bernapas dengan normal. Pasalnya, kata Theryoto, pasien mengalami gangguan saluran napas akibat banyak asap kebakaran yang terhirup.

“Kemarin banyak asap yang terhirup sehingga kondisi saluran napasnya terkena asap, ini yang sedang kita atasi, agar tidak terjadi masalah medis,” jelas dia.

Baca Juga: Keluarga Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Diharap Segera ke Posko Antemortem, Ada Apa?

Sementara pada pasien non-ICU, tim medis akan berupaya agar tidak terjadi infeksi pada luka bakar yang diderita. Theryoto menambahkan, pasien non-ICU saat ini sudah sadar sepenuhnya.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU