> >

Pangdam Cendrawasih Tegaskan TNI AD Tak Terlibat Kerusuhan Wamena, Ancam Pidanakan Penyebar Hoaks

Peristiwa | 28 Februari 2023, 06:44 WIB
Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa mengingatkan semua pihak untuk tidak menyebarkan hoaks terkait kerusuhan . (Sumber: Pendam xvii cenderawasih)

WAMENA, KOMPAS.TV - Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Muhammad Saleh Mustafa menegaskan bahwa tidak ada prajuritnya yang terlibat dalam kerusuhan yang terjadi di Sinakma, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Pegunungan Bintang.

Dia menyebut apabila ada anggotanya yang terlibat dengan bukti-bukti yang mengarah kepada pelanggaran hak asasi manusia (HAM), maka pihaknya akan memprosesnya sesuai dengan hukum yang berlaku.

Baca Juga: 16 Polisi Diperiksa Buntut Kerusuhan di Wamena yang Mengakibatkan 11 Orang Tewas

"Namun sebaliknya, bila tidak ditemukan bukti keterlibatan prajurit Kodam XVII/Cenderawasih dan prajurit Kodim 1702/Jwy, tetapi ada oknum yang memutarbalikkan fakta maka saya akan melaporkannya," kata Muhammad Saleh di Wamena, Senin (27/2/2023).

Mayjen Saleh Mustafa, menambahkan pihaknya akan menuntut oknum yang berupaya menyebarkan berita hoaks tersebut.

"Bila ada oknum yang menyebarkan berita hoaks maka saya akan menuntut yang bersangkutan sesuai dengan hukum yang berlaku," ucapnya.

 

Tak lupa, ia pun menyampaikan dukacita mendalam kepada 11 warga yang menjadi korban kerusuhan pada Kamis (23/2/2023).

Saleh menyebut proses pemakaman sudah berjalan dengan baik, dia berharap proses hukum dapat dilaksanakan dengan baik pula.

Baca Juga: Update Situasi Wamena: Dandim Gandeng Anak Adat Guna Pulihkan Situasi Pascabentrok Tewaskan 10 Orang

Penulis : Tito Dirhantoro Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU